Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4.500 Keluarga Pra-Sejahtera di Jatim Terima Sambungan Listrik Gratis

Pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 13 November 2021  |  16:44 WIB
4.500 Keluarga Pra-Sejahtera di Jatim Terima Sambungan Listrik Gratis
Meter PLN. - PLN
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur berkolaborasi dengan Pemprov Jatim telah menyambungkan listrik gratis kepada 4.500 keluarga pra-sejahtera yang sebagian besar merupakan dari program PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2021.

VP Komunikasi Korporat PLN, Gregorius Adi Trianto, mengatakan dari program VCRR 2021 dan PLN Peduli yang berlangsung telah terkumpul donasi sebanyak Rp14 miliar. Kemudian PLN mengalokasikan Rp14 miliar untuk program penyambungan listrik sebanyak 18.776 keluarga.

“Sedangkan untuk wilayah Jatim telah dilakukan penyambungan listrik gratis kepada 4.500 keluarga pra-sejahtera. Dari total itu, sekitar 3.100 penyambungan listrik berasal dari donasi hasil PLN Mobile VCRR, dan sebanyak 1.400 penyambungan dari Dinas ESDM Jatim,” jelasnya dalam rilis, Jumat (12/11/2021).

Dia menjelaskan donasi tersebut berasal dari ratusan ribu kilometer yang dikumpulkan lebih dari 11.000 peserta PLN Mobile VCRR yang berasal dari sejumlah wilayah di Indonesia.

"Kami berharap listrik bisa mempermudah aktivitas saudara-saudara kita, sehingga produktivitas dan kesejahteraan mereka kian meningkat," imbuhnya.

Adapun dalam gelaran PLN Mobile VCRR 2021 yang menjadi ajang lari dan bersepeda telah berlangsung sejak 16 Oktober hingga 7 November 2021. Dengan mengangkat tema “Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku”, kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Listrik Nasional ke-76. 

Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda nantinya akan dikonversikan dalam bentuk rupiah, yang digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu. Setiap kilometer lari akan dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp40.000 dan sepeda sebesar Rp36.000. 

Pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia. 

Sebagai informasi, biaya penyambungan listrik satu rumah termasuk dengan instalasi listrik dalam rumah, pemeriksaan instalasi dan sertifikat laik operasi yang ditetapkan pemerintah, token dan materai sekitar Rp800.000 - Rp1 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN jatim
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top