Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar di Surabaya Didorong Dilelang ke Swasta

Surabaya ada sekitar 60 pasar yang aktif, namun untuk membayar pajak saja, PD Pasar Surya hutangnya mencapai Rp20 miliar.
Ilustrasi./Antara-Ampelsa
Ilustrasi./Antara-Ampelsa

Bisnis.com, SURABAYA - Legislator mengusulkan kepada Pemkot Surabaya agar dilakukan lelang pasar sebagai dampak adanya kerugian di Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya, Kota Surabaya, Jawa Timur, selaku pengelola pasar.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya Buchori Imron di Surabaya, Sabtu (16/10/2021), mengatakan, dari sekitar delapan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkot Surabaya yang ada, yang pendapatannya besar hanya PDAM, sedangkan lainnya termasuk PD Pasar tidak pernah profit atau untung.

"Saya juga heran, pasar yang seharusnya menjadi sentral pencetak uang karena disitu banyak transaksi jual beli, justru dalam pengelolaannya malah tertimpa kerugian terus menerus," katanya.

Menurutnya, di Surabaya ada sekitar 60 pasar yang aktif, namun untuk membayar pajak saja, PD Pasar Surya hutangnya mencapai Rp20 miliar.

"Ini untuk urusan pajak saja, belum lagi urusan sampah. DKRTH (Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau) Surabaya untuk membuang sampah saja dianggarkan Rp170 miliar setiap tahun, termasuk sampah pasar," ujarnya.

Mestinya, kata Buchori, biaya buang sampah pasar tidak perlu dibantu DKRTH, melainkan cukup PD Pasar Surya saja.

Oleh karena itu, lanjut dia, khusus BUMD yang satu ini perlu mendapat perhatian serius dari Pemkot Surabaya. Ia menyarankan sebaiknya PD Pasar Surya dikelola oleh profesional, atau dilelang agar dikelola pihak ketiga sehingga kinerja PD Pasar Surya bisa untung.

"Jika PD Pasar Surya untung maka Pemkot Surabaya juga untung, tidak pusing mikirkan kinerja pasar saja," ujarnya.

Buchori menjelaskan, pasar yang akan dilelang sistemnya adalah dikelola pihak ketiga dengan jangka waktu 2, 3, atau 4 tahun jadi seperti kontrak. Ketika sudah dilelang logikanya pasar-pasar yang ada akan untung karena dikelola orang yang profesional dan kredibel.

Jika pasar yang ada di Suabaya itu dikelola oleh orang yang paham mengenai pasaran, kata Bukhori, maka dipastikan akan profit. Berbeda dengan orang yang tidak paham, maka akan rugi terus.

"Jadi tidak dijual, tapi dilelang saja agar PD Pasar bisa profit. Misalnya Pasar Kapasan, Pasar Krampung, Pasar Wonokromo, itu pasti banyak pengusaha yang ingin mengelola pasar tersebut jadi sebaiknya dilelang saja. Jika dikelola pengusaha, sudah pasti pasar akan alami keuntungan luar biasa," katanya.

Untuk itu, ia berharap Pemkot Surabaya segera mencari solusi dari problem kinerja PD Pasar Surya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper