Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PTPN X Salurkan Subsidi Bibit Tebu Unggul untuk 385 Petani

Petani akan mendapatkan tebu berkualitas yang nantinya berujung pada peningkatan produktivitas kebun untuk menuju swasembada gula nasional.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 16 Oktober 2021  |  15:07 WIB
Ilustrasi panen tebu.
Ilustrasi panen tebu.

Bisnis.com, SURABAYA — PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menyalurkan subsidi bibit tebu unggul sebanyak 41.284 kuintal kepada 385 petani tebu binaan guna mendorong peningkatan kualitas tanaman tebu petani.

Direktur PTPN X, Tuhu Bangun, mengatakan program pemberian subisidi bibit tebu unggul ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 2018 dan akan terus dilakukan secara berkesinambungan pada tahun-tahun mendatang.

“Tahun lalu, PTPN X sudah memberikan subsidi bibit tebu unggul sejumlah 78.791 Kuintal kepada 826 petani tebu binaan. Melalui program ini kami berupaya memberikan pelayanan prima kepada petani,” ujarnya, Jumat (15/10/2021).

Selain program pemberian subsidi bibit tebu unggul, lanjut Tuhu, PTPN X juga telah melakukan beberapa inovasi lain seperti program P150T (program peningkatan produktivitas tebu dengan target minimal 150 ton per hektare), Program Makmur (sinergi PTPN X dengan Petrokimia Gresik untuk pendampingan budi daya tanaman, pemberian sarana produksi hingga pemasaran), serta program perbaikan drainase.

“Seluruh program tersebut merupakan wujud kepedulian Holding Perkebunan Nusantara dan PTPN X kepada petani tebu dengan harapan sinergi dan kemitraan antara PTPN X dengan petani akan terus terjalin dengan baik,” imbuhnya.

Adapun petani tebu yang menerima subsidi bibit tebu unggul saat ini merupakan petani dari Pabrik Gula (PG) Kremboong Sidoarjo hingga PG Modjopanggoong Tulungagung. Program pemberian subsidi bibit tebu unggul diberikan untuk tebu kategori PC Murni dan Bongkar Ratoon.  Khusus pemberian subsidi bibit tebu unggul untuk PG Ngadiredjo sejumlah 17.173 kepada 123 orang petani tebu binaannya. 

Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan Nusantara, Mahmudi, menambahkan program pemberian subsidi bibit tebu unggul ini diharapkan dapat membantu petani untuk mendapatkan tebu berkualitas sesuai dengan kondisi lahan sehingga angka produktivitas kebun dapat meningkat. 

“Program pemberian subsidi bibit tebu unggul akan memudahkan petani dalam memperoleh bibit tebu, sehingga petani akan mendapatkan tebu berkualitas yang nantinya berujung pada peningkatan produktivitas kebun untuk menuju swasembada gula nasional,” imbuhnya,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptpn x tebu industri gula
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top