Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produksi Tembakau PTPN X Sudah Mencapai 77 Persen

Jumlah produksi daun hijau tahun ini mengalami peningkatan 204 ton jika dibandingkan dengan tahun lalu. Begitu juga dengan rendemen mengalami peningkatan 0,8 persen.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 21 September 2021  |  18:25 WIB
Ilustrasi. - dok. PTPN X
Ilustrasi. - dok. PTPN X

Bisnis.com, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X hingga Agustus 2021 telah memproduksi sebanyak 8.977 ton daun hijau tembakau atau setara 77 persen dari target produksi tahun ini.

Direktur PTPN X, Tuhu Bangun, mengatakan pada musim tanam tahun ini perseroan juga berhasil mencatatkan kinerja kualitas NW (natural wrapper) pada tembakau sebesar 24 persen dengan rendemen 6,87 persen.

“Untuk nencapai kualitas yang diinginkan, kami fokus mengawal setiap proses mulai dari persiapan lahanm, pemeliharaan hingga proses curring,” ujarnya, Selasa (21/9/2021).

Dia menjelaskan dalam perbaikan di sisi on farm atau proses di kebun dilakukan dengan tidak memetik daun tembakau atas yang memiliki ukuran kurang dari 40 cm. Ini juga dilakukan sebagai bentuk upaya efisiensi biaya.  

“Perbaikan ini dilakukan secara linier sehingga nantinya akan menghasilkan tembakau dengan kualitas yang seragam, sebab keseragaman kualitas ini akan memudahkan melakukan segmentasi market, yang ujungnya adalah peningkatan nilai penjualan,”  ujarnya.

Tuhu mengatakan jumlah produksi daun hijau tahun ini mengalami peningkatan 204 ton jika dibandingkan dengan tahun lalu. Begitu juga dengan rendemen mengalami peningkatan 0,8 persen.

Adapun PTPN X tahun ini menargetkan luas tanam tembakau sebesar 600 ha. Jumlah ini meningkat 100 ha dibandingkan dengan luas tahun lalu. Ke depan, lanjut Tuhu, luasan lahan tembakau akan ditingkatkan seiring dengan peningkatan permintaan investor.

“Lahan tembakau kami ada 2 dan tersebar di Jember dengan jumlah pekerja di gudang pengolahan Kebun Ajong Gayasan 2.200 orang, dan di Kebun Kertosari 1.500 orang," imbuhnya.

Selama ini, tambah Tuhu, PTPN X memasok hasil tembakaunya ke pasar ekspor seperti Amerika Serikat dan Eropa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptpn x tembakau
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top