Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diversifikasi Usaha, PTPN X Kembangkan Jasa Perawatan Mesin Pabrik

Layanan jasa yang diberi nama Nusantara Maintenance Facilities (NMF) ini dihadirkan perseroan untuk menjawab kebutuhan pasar, khususnya di dunia industri.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 16 Februari 2021  |  15:15 WIB
Direktur PTPN X Aris Toharisman (batik orange). - Dok PTPN X
Direktur PTPN X Aris Toharisman (batik orange). - Dok PTPN X

Bisnis.com, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X melakukan diversifikasi atau pengembangan produk berupa jasa atau layanan perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang bagi mesin-mesin industri, terutama pabrik gula dan sejenisnya.

Direktur PTPN X Aris Toharisman mengatakan layanan jasa yang diberi nama Nusantara Maintenance Facilities (NMF) ini dihadirkan perseroan untuk menjawab kebutuhan pasar, khususnya di dunia industri.

“Adanya NMF ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing PTPN X ke depan, apalagi NMF ini dilengkapi dengan peralatan canggih dan didukung dengan teknisi yang telah tersertifikasi,” katanya, Selasa (16/2/2021).

Ke depan, lanjut Aris, layanan di NMF ini diharapkan bisa memberikan kontribusi pendapatan sebesar 25 persen terhadap perseroan.

Dia mengatakan NMF yang berlokasi di Pabrik Gula (PG) Djombang Baru, Kabupaten Jombang ini telah diresmikan secara virtual pada 16 Februari 2021.

Nantinya, NMF yang menelan investasi Rp4 miliar ini tidak hanya melayani kebutuhan perawatan/perbaikan mesin-mesin pabrik sendiri tetapi juga akan menjaring pasar lain seperti PTPN Holding Group dan industri lainnya.

Adapun jenis perawatan yang ditawarkan NMF ini di antaranya seperti inverter, non destructive testing (NDT), balancing, allignment, pesawat uap bejana, cakar ampas, dan as pen rantai.

Sementara peralatan yang dimiliki NMF meliputi laser allignment dengan akurasi tinggi, digital balancing untuk memudahkan aplikasi di on site, thickness meter untuk assessment tube boiler hingga plasma cutting.

“Kami optimistis, keunggulan yang dimiliki peralatan NMF dan teknisinya ini bisa membuat NMF unggul dan mampu bersaing dengan bisnis sejenis lainnya,” imbuh Aris.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptpn x pabrik gula jatim
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top