Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Surabaya Gandeng BNI Terapkan Pembayaran Digital di Pasar Tradisional

Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya milik Pemerintah Kota Surabaya mulai menerapkan pembayaran berbasis digital di pasar tradisional khususnya untuk pembayaran Iuran Layanan Pasar (ILP) yang selama ini masih secara tunai.
Transaksi digital/istimewa
Transaksi digital/istimewa

Bisnis.com, SURABAYA - Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya milik Pemerintah Kota Surabaya mulai menerapkan pembayaran berbasis digital di pasar tradisional khususnya untuk pembayaran Iuran Layanan Pasar (ILP) yang selama ini masih secara tunai.

Direktur Keuangan PD Pasar Surya, Sutjahjo mengatakan dalam penerapan sistem pembayaran non-tunai ILP di pasar tradisional ini dilakukan melalui kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI).

“Dalam penerapan sistem pembayaran non tunai ini diawali dengan MoU PD Pasar Surya dan BNI wilayah VI Kantor Cabang Surabaya,” katanya dalam rilis, Selasa (28/9/2021).

Dia mengatakan selama ini pembayaran ILP dari pedagang ke PD Pasar Surya masih dilakukan secara tunai. Dengan beralihnya ke sistem pembayaran online, diharapkan mampu memberikan pelayanan prima kepada pedagang, tanpa harus membayar tunai dan bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun.

“Jadi dari rumah pun pedagang bisa melakukan pembayaran, misalnya menggunakan internet banking, mobile banking, ATM, atau produk pembayaran yang lain,” imbuhnya.

Sutjahjo menambahkan nantinya pedagang akan memiliki virtual account sebagai basis untuk nomor registrasi. Virtual account juga akan teregistrasi dengan pihak bank yang lengkap dengan identitas diri pedagang, termasuk nomor telepon.

“Diharapkan dengan penerapan sistem online ini juga diharapkan dapat mengoptimalkan pendapatan PD Pasar,” imbuhnya.

Untuk tahap awal atau pilot project, sistem dilakukan di Pasar Kapasan, dan nantinya akan dilanjutkan pada pasar-pasar tradisional yang lain. Selama pelaksanaan pilot project, nanti akan dilakukan moitoring dan evaluasi sebelum melanjutkan pada pasar yang lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper