Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jatim Alokasikan 38.000 Dosis Vaksin untuk Pelajar

Khofifah mendorong bupati/wali kota untuk segera melakukan percepatan program vaksinasi terhadap para pelajar di wilayahnya tersebut.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengalokasikan sebanyak 38.000 dosis vaksin tahap pertama untuk 38.000 siswa SMA/SMK se-Jawa Timur yang didistribusikan melalui dinas kesehatan masing-masing kota/kabupaten.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan Pemprov Jatim telah mencanangkan vaksinasi pelajar secara serentak di 38 kota/kabupaten dengan menyasar penduduk usia 12 - 18 tahun.

“Hari ini saya mencanangkan vaksinasi serentak untuk pelajar SMA/SMK se Jatim, dengan harapan herd immunity yang akan membuat kasus Covid-19 melandai,” katanya dalam rilis, Kamis (5/8/2021).

Dia mengatakan metode pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19 telah dinilai banyak pihak kurang  efektif. Untuk itu diharapkan melalui penuntasan vaksinasi ini, pembelajaran tatap muka secara bertahap dan terbatas bisa segera digelar kembali dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Kita meyakini bersama bahwa pengendalian pandemi Covid-19 terutama melalui vaksinasi adalah game changer,  kunci yang sangat menentukan agar masyarakat bisa bekerja kembali, anak-anak kita bisa belajar di sekolah lagi, agar kita bisa kembali beribadah dengan tenang, dan juga agar perekonomian kita segera bangkit,” imbuhnya.

Khofifah pun mendorong bupati/walikota untuk segera melakukan percepatan program vaksinasi terhadap para pelajar di wilayahnya tersebut, mengingat jumlah pelajar yang belum mendapatkan vaksinasi masih sangat banyak.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi menambahkan kegiatan vaksinasi ini diharapkan menjadi momentum bagi sektor pendidikan untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. 

“Pembelajaran tatap muka sudah dinanti-nanti oleh para siswa, guru dan orang tua agar bisa segera mungkin untuk diselenggarakan,” ujarnya.

Wahid menambahkan vaksinasi untuk para guru dan tenaga pendidikan di Jatim sendiri juga sudah hampir mencapai 100 persen untuk semua jenjang. Diharapkan capaian tersebut juga semakin memperkuat potensi belajar tatap muka ke depan.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Jatim, target vaksinasi terhadap pelajar usia 12 - 17 tahun mencapai 3.586.141 vaksin. Realisasi vaksinasi pelajar hingga 3 Agustus 2021 baru mencapai 63.459 vaksin atau 1,77 persen dari target untuk dosis pertama, dan capaian dosis kedua hanya 161 vaksin atau 0,00 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler