Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobilitas Warga di Blitar, Mojokerto, Bondowoso Turun

Tindakan sederhana seperti tinggal di rumah, mengurangi bepergian keluar rumah mampu menurunkan kasus, karena risiko tertular.
Petugas meminta kendaraan untuk berputar balik karena tidak berkepentingan saat ingin memasuki Kota Surabaya di Bundaran Waru, Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/8/2021)./Antara-Umarul Faruq
Petugas meminta kendaraan untuk berputar balik karena tidak berkepentingan saat ingin memasuki Kota Surabaya di Bundaran Waru, Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/8/2021)./Antara-Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA - Juru bicara untuk Covid-19 sekaligus Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro menyatakan sepuluh kabupaten/kota telah berhasil menurunkan mobilitas warganya dalam mendukung pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Terima kasih khususnya kami sampaikan kepada masyarakat dan pemerintah daerah kota/kabupaten ini,” ujar Reisa dalam konferensi pers PPKM secara daring yang dipantau dari Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Kesepuluh wilayah tersebut adalah Kota dan Kabupaten Blitar, Jawa Timur; Kota dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur; Bondowoso, Jawa Timur; Salatiga, Jawa Tengah; Bantul, DI Yogyakarta; Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Sleman, DI Yogyakarta, dan Purworejo, Jawa Tengah.

Reisa menyatakan kesepuluh wilayah tersebut saling kompak menurunkan mobilitas untuk mendukung kesuksesan PPKM dan patut menjadi teladan.

Dia juga mengatakan tindakan sederhana seperti tinggal di rumah, mengurangi bepergian keluar rumah mampu menurunkan kasus, karena risiko tertular.

PPKM yang dimulai tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus 2021, menurut Reisa, telah berkontribusi terhadap menurunnya angka konfirmasi kasus harian, turunnya jumlah kasus aktif, meningkatnya kesembuhan dan bertambahnya ketersediaan tempat tidur.

Kasus Covid-19 di Jawa Timur per Rabu (4/8/2021) bertambah sebanyak 4.028 orang, sembuh 4.192 orang dan meninggal 333 orang.

Pemprov Jatim mempublikasikan, jumlah kasus aktif berkurang 497 orang sehingga kumulatif kasus aktif 48.081 orang. Case recovery rate 78,28 persen dan case fatality rate 6,82 persen. Bila diperinci, dari kasus baru per kemarin, 1.901 orang bergejala dan 2.277 orang tanpa gejala.

Adapun dari sumber penularan, 104 orang memiliki riwayat perjalanan, 753 orang kontak erat, dan 3171 orang tanpa riwayat perjalanan.

Pemprov Jatim juga memerinci dari 333 orang meninggal per kemarin, sebanyak 284 orang meninggal karena Covid-19 dan 49 orang meninggal karena penyakit lain positif Covid-19. Sementara dari total kasus aktif, 14.746 orang dirawat di RS rujukan, 392 orang di RS darurat dan 392 orang karantina di gedung dan 26.114 karantina mandiri.

Dalam perkembangan berbeda, Satgas Covid-19 juga mengumumkan perubahan zona risiko Covid-19 di Jawa Timur, provinsi yang memiliki 38 kabupaten/kota. Zona oranye/risiko sedang kini disandang Sampang, Tuban, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Bangkalan, dan Sumenep. Sedangkan daerah lain di Jatim berstatus risiko tinggi corona.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan zona persebaran virus corona di Kota Madiun turun satu setrip dari merah ke oranye. "Meski turun, Kita harus tetap berhati-hati sebab sifat zona berubah-ubah," ujarnya, Rabu.

Pihaknya menyambut gembira penetapan zona oranye untuk Kota Madiun tersebut. Hal itu menandakan bahwa upaya yang telah dilancarkan selama PPKM, baik darurat maupun level 4, cukup efektif. Namun demikian, orang nomor satu di Kota Madiun itu tak ingin gegabah dengan langsung merelaksasi berbagai sektor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara dan Bisnis
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper