Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RPH Surabaya Maksimalkan Layanan Penyembelihan Hewan Kurban

RPH mengerahkan 100 orang anggota tim kemas yang terbagi dalam 10 kelompok. Masing-masing tim tersebut mengerjakan setiap penyembelihan hingga pengemasan, sekitar 40 menit per ekor.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SURABAYA - Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) Kota Surabaya menyiapkan sebanyak 80 orang tukang jagal untuk melayani penyembelihan hewan kurban bagi umat Islam yang merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PD RPH Kota Surabaya Mohamad Faiz menyatakan siap melayani masyarakat dan menindaklanjuti imbauan pemerintah yang menganjurkan pelaksanaan ibadah Idul Adha di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat agar dilaksanakan di rumah, serta penyembelihan hewan kurban diserahkan ke RPH di wilayah masing-masing.

"Kami sudah siapkan delapan tim penyembelih. Setiap tim terdiri dari 10 orang. Jadi, totalnya ada 80 orang penyembelih," katanya saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (15/7/2021).

Selain itu, RPH juga mengerahkan sebanyak 100 orang anggota tim kemas yang terbagi dalam 10 kelompok. Masing-masing tim tersebut mengerjakan setiap penyembelihan hewan kurban hingga pengemasan, yang prosesnya sekitar 40 menit per ekor.

"Pemotongan tulang-tulangnya menggunakan mesin potong," ujarnya.

Faiz menjelaskan terdapat dua RPH di Surabaya yang siap melayani penyembelihan hewan kurban, yaitu RPH Pegirian dan RPH Kedurus.

Menurutnya, RPH yang berlokasi di Jalan Pegirian Surabaya sudah berpengalaman melayani penyembelihan hewan kurban Idul Adha karena telah menyelenggarakannya selama delapan tahun terakhir.

"Sedangkan di RPH Kedurus hanya menyediakan fasilitas lahan penyembelihan yang telah berlangsung selama tiga tahun terakhir," katanya.

Dijadwalkan penyembelihan hewan kurban Idul Adha tahun ini berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 20 hingga 24 Juli mendatang.

Di RPH Pegirian Surabaya, berbekal pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, Faiz meyakini meyakini bisa menyembelih sebanyak 100 ekor hewan kurban setiap hari.

"Kegiatannya pagi sampai sore. Kalau tanggal 20 Juli, dikerjakan setelah sholat Idul Adha. Selanjutnya pada Hari Tasrik, tanggal 21 - 23 Juli, penyembelihan dimulai jam 5 pagi sampai menjelang sore karena kita ingin melayani maksimal kepada masyarakat. Sehingga sore hingga sebelum jam 8 malam masyarakat bisa mengedarkan daging kurban kepada yang berhak menerimanya," ujarnya.

RPH Surabaya menyediakan dua paket penyembelihan hewan kurban Idul Adha. Masing-masing adalah paket kemas, yaitu penyembelihan serta dikemas dalam kantong setiap 1 kilogram seharga Rp2,5 juta per ekor sapi.

Selain itu paket sontor, yaitu penyembelihan dan lepas tulang saja tanpa dikemas seharga Rp1,8 juta per ekor sapi.

"Sedangkan untuk hewan kurban kambing hanya menyediakan paket kemas, seharga Rp300 ribu per ekor," ucap Faiz.

Sampai hari ini, RPH Pegirian Surabaya telah menerima sebanyak 129 ekor hewan kurban, semuanya sapi, dari masyarakat perorangan maupun kolektif yang dikoordinir masjid. Diperkirakan masih akan terus bertambah, mengingat Idul Adha masih kurang sekitar seminggu lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper