Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

700 Orang Antre Masuk Isolasi Asrama Haji Surabaya

Kementerian Agama menyatakan bahwa saat ini sudah ada 1.003 pasien Covid-19 yang ditampung di asrama haji untuk menjalani isolasi.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 04 Juli 2021  |  16:18 WIB
700 Orang Antre Masuk Isolasi Asrama Haji Surabaya
Sejumlah warga yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 saat dipulangkan dari tempat karantina di Asrama Haji Surabaya, Kamis (2/6/2020). - Antara/Humas Pemkot Surabaya

Bisnis.com, SURABAYA - Sebanyak 700 masuk daftar tunggu masuk isolasi mandiri Covid-19 di Asrama Haji Surabaya per Sabtu (3/7/2021). Merespons kondisi tersebut, Pemkot Surabaya memutuskan Lapangan Tembak dijadikan rumah sakit darurat.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan targetnya, Senin (5/7/2021), lapangan tembak sebagai rumah sakit darurat bisa beroperasi. "Seluruh aset Pemerintah Kota Surabaya kami optimalkan untuk penanganan Covid-19," dikutip dari publikasi Pemkot Surabaya, Minggu (4/7/2021).

Merujuk data Pemprov Jatim, kasus aktif Covid-19 di Kota Surabaya sebanyak 750 orang. Bila diperinci sebanyak 309 orang isolasi di RS rujukan, 30 orang isolasi di RS darurat dan 119 orang isolasi mandiri.

Kementerian Agama menyatakan bahwa saat ini sudah ada 1.003 pasien Covid-19 yang ditampung di asrama haji untuk menjalani isolasi, setelah Menteri Agama mengalihfungsikan sementara gedung tersebut demi penanganan pandemi Covid-19.

"Sampai hari Jumat kemarin, total sudah ada 1.003 pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di asrama haji," ujat Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi H. Dasir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan dari 25 asrama haji, ada tujuh asrama haji yang sudah mulai digunakan untuk ruang isolasi. Data per hari ini, kata Khoirizi, terbanyak di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, yakni 612 orang. Mereka menempati 204 kamar dari 245 yang tersedia.

"Masih ada 41 kamar di Surabaya. Mereka yang isolasi di asrama haji adalah pasien Covid-19 yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala atau OTG," kata dia.

Sementara Asrama Haji Balikpapan saat ini digunakan oleh 126 orang yang sedang isolasi. Kemudian Asrama Haji Semarang 85 orang, Pondok Gede 56 orang, Yogyakarta 67 orang, Lombok 32 orang, dan Ambon 25 orang.

"Kami terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, BNPB, Kodam dan Dinas Kesehatan setempat. Sebab, Kemenag hanya menyediakan kamar asrama sebagai ruang isolasi. Sementara tenaga medis, obat-obatan, tenaga pengamanan, dan konsumsi diserahkan kepada Pemda dan Dinas Kesehatan masing-masing," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya

Sumber : Pemkot Surabaya dan Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top