Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Surabaya & Pelindo III Mau Kembangkan Wisata Susur Sungai Kalimas

Kerja sama yang ingin dilakukan bersama dengan Pelindo III tersebut bertujuan untuk melakukan pengkajian serta analisa mendalam terkait konsep wisata air, kota lama, heritage hingga pengembangan UMKM.
dok. Pemkot Surabaya
dok. Pemkot Surabaya

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya anak menggandeng PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III dalam mengembangkan potensi wisata susur sungai Kalimas, termasuk pengembangan usaha mikro kecil dan menengah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan kerja sama yang ingin dilakukan bersama dengan Pelindo III tersebut bertujuan untuk melakukan pengkajian serta analisa mendalam terkait konsep wisata air, kota lama, heritage hingga pengembangan UMKM.

“Ini adalah tindak lanjut dari pertemuan antara Wali Kota Surabaya dengan Pelindo III beberapa waktu lalu. Jadi ada beberapa spot menarik yang bisa dikembangkan bersama dan dikemas menjadi satu konsep,” ujarnya, Senin (7/6/2021).

Dia mengatakan adanya kolaborasi bersama Pelindo III ini rencananya akan melibatkan cruise atau kapal pesiar yang sering bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak. Dari situ lah wisatawan yang datang dapat berkeliling menikmati wisata air, kota lama atau kawasan heritage secara bersamaan.

“Nah, biasanya penumpang kapal cruise saat turun, kelilingnya menggunakan bus. Kita lihat apakah memungkinkan kalau menggunakan wisata air. Jadi ini salah satu alternatif untuk safari mereka, apalagi saat ini Taman Petekan juga sudah siap jadi sentra UMKM,” imbuhnya.

M. Ali Affandi, SM Perencanaan Strategis dan Kinerja Perusahaan Pelindo III, Affandi menambahkan, terdapat beberapa potensi wisata di Surabaya yang dapat dioptimalkan yakni Taman Petekan atau River Side yang sudah beroperasi sejak 2 tahun lalu.

“Biasanya lokasi ini digunakan anak muda untuk nongkrong dan foto-foto. Lalu pompa air Petekan juga dapat digunakan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak  dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Ali mentargetkan, program tersebut akan terealisasikan September 2021 seusai dengan hasil diskusi dengan Wali Kota Eri. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper