Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Motor Sport Bakal Makin Diminati, Ini Penyebabnya

Di tengah kondisi pasar motor yang masih minus tersebut, ternyata ada kondisi pasar kendaraan premium yang malah mengalami peningkatan penjualan.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 24 Mei 2021  |  16:01 WIB
Presiden Direktur MPM Suwito (tengah) dan dan Direktur Marketing MPM Dendy Sean (kiri) saat launching All New CB150R Streetfire di MPM Learning Center Sidorajo, Sabtu (22/5/2021)  -  Bisnis/Peni Widarti
Presiden Direktur MPM Suwito (tengah) dan dan Direktur Marketing MPM Dendy Sean (kiri) saat launching All New CB150R Streetfire di MPM Learning Center Sidorajo, Sabtu (22/5/2021) - Bisnis/Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA - PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT meyakini permintaan pasar motor sport tahun ini semakin membaik bahkan di tengah pandemi pangsa Honda bakal meningkat.

Marketing Sales Distribution Division Head MPM, Abdy Ronotana menjelaskan kondisi pasar motor secara di umum di Jatim pada tahun lalu memang merosot -37 persen akibat dampak pandemi, bahkan sampai kuartal I/2021 pasar motor masih kontraksi -15 persen.

“Sedangkan pasar Honda sampai Maret turunnya -14,4 persen, tetapi ternyata market share kita naik karena merek lain mengalami penurunan yang lebih tajam dari kita,” ujarnya, Senin (24/5/2021).

Namun di tengah kondisi pasar motor yang masih minus tersebut, lanjut Abdy, ternyata ada kondisi pasar kendaraan premium malah mengalami peningkatan penjualan. Sebagai contoh, penjualan dari merek Vespa Piaggio yang tumbuh 157 persen.

“Ini artinya di tengah ekonomi yang kurang baik tapi masih ada konsumen yang bisa belanja dan mereka cari sesuatu yang baru dan enggak umum, bahkan harganya lebih mahal dari motor umum biasanya,” ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, katanya, MPM pun tak ragu untuk meluncurkan produk baru pada kategori motor naked sport yakni All New CB150R Streetfire yang dipatok dengan harga mulai Rp30 jutaan.

“Dengan hadirnya motor naked sport All New CB150R Streetfire ini kami berharap bisa mengejar pangsa pasar Honda di Jatim, dan secara khusus pangsa motor sport. Harapan kami penjulan CB150R terbaru bisa mencapai 500 unit/bulan atau dalam kondisi normal bisa 800 unit, tapi kalau saat ini masih 300 an unit,” jelasnya.

Abdy mengatakan optimisme tersebut juga dilandasi oleh tendensi recovery pasar motor yang terus membaik dibandingkan tahun lalu. Untuk recovery motor sport sampai April ini sudah mencapai 66 persen dan diharapkan bisa kembali 100 persen.

“Mudah-mudahan market share motor sport kita di Jatim bisa semakin naik dari posisi saat ini sudah sekitar 77 persen, itupun sudah naik dibandingkan konsisi 2020 yakni 75,8 persen,” imbuhnya.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor mpmx PT.Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX)
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top