Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Permintaan Daging Sapi di Banyuwangi Meningkat Drastis

Sekitar satu minggu terakhir, pemotongan hewan meningkat 200 persen lebih.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Mei 2021  |  17:19 WIB
Ilustrasi. - Bisnis/Endang Muchtar
Ilustrasi. - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, BANYUWANGI - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat konsumsi daging menjelang Hari Raya Idul Fitri 14442 Hijriah meningkat hingga 200 persen.

"Sekitar satu minggu terakhir, pemotongan hewan meningkat 200 persen lebih. Di hari normal biasanya maksimal 10 ekor per hari. Namun menjelang Lebaran bisa sampai 30 ekor," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, Arief Setiawan di Banyuwangi, Selasa (11/5/2021).

Di Banyuwangi terdapat sekitar delapan rumah pemotongan hewan atau RPH, dan tiap hari sekitar 200 hingga 240 ekor sapi dipotong dan disalurkan ke berbagai pasar di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Menurut Arief, pemotongan dan daging yang dijual harus sesuai standar, yakni aman, sehat, dan halal. Untuk itu, petugas dinas terkait rutin melakukan pengecekan baik di RPH maupun di pasar-pasar.

"Kami menyarankan agar masyarakat membeli daging di pasar agar lebih aman. Sangat aman membeli di pasar. Karena kami melarang adanya pemotongan hewan dari luar RPH yang kemudian dijual di pasar," ucap Arief.

Ia menjelaskan bahwa daging-daging yang dijual di pasar lebih ketat pengawasannya. Terdapat sanksi bagi penjual daging sapi yang melanggar ketentuan, seperti tak layak konsumsi, rusak atau menjual daging yang tidak sesuai.

"Makanya kami rutin sidak. Kami perketat pengawasan di seluruh pasar di Banyuwangi. Jangan sampai ada temuan daging rusak ataupun daging bukan sapi yang dijual di pasar. Apabila ketahuan izin dagang akan kami cabut," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daging sapi banyuwangi

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top