Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kursi Legislator Surabaya Bisa Bertambah pada Pemilu 2024

Pemilu 2019, jumlah penduduk Kota Surabaya masih di bawah 3 juta jiwa. Namun, pada tahun 2024 mendatang, potensi jumlah penduduk Kota Surabaya mencapai 3 juta jiwa sangat mungkin terlampaui.
Ilustrasi./Antara-Rivan Awal Lingga
Ilustrasi./Antara-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, SURABAYA - Jumlah anggota DPRD Kota Surabaya yang saat ini sebanyak 50 orang, berpotensi bertambah menjadi 55 orang pada Pemilihan Umum 2024.

"Kami sampaikan tentang adanya potensi penambahan jumlah anggota DPRD di Surabaya dari 50 orang menjadi 55 orang," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Subairi yang bersama anggota KPU lainnya melaporkan hasil Pilkada 2020 ke DPRD Surabaya, Selasa (27/4/2021).

Menurut Subairi, menilik Keputusan KPU RI Nomor 18/PP.02-KPT/03/KPU/I/2018 tentang Petunjuk Teknis Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten/Kota Dalam Pemilu, menyebutkan kabupaten/kota yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 3 juta jiwa, jumlah anggota DPRD-nya bisa berjumlah 55 orang.

Subairi juga menyebut hal ini telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 yang intinya menyebutkan bahwa kabupaten/kota yang memiliki penduduk lebih dari 3 juta jiwa, jumlah anggota DPRD-nya bisa diisi 55 orang.

Ia menjelaskan pada Pemilu 2019, jumlah penduduk Kota Surabaya masih di bawah 3 juta jiwa. Namun, pada tahun 2024 mendatang, potensi jumlah penduduk Kota Surabaya mencapai 3 juta jiwa sangat mungkin terlampaui.

"Sebab posisi sekarang, jumlah penduduk Surabaya sudah mencapai 2,9 juta jiwa. Di tahun 2024 kemungkinan sudah tembus di angka 3 juta," katanya.

Sebagai konsekuensi atas penambahan jumlah legislator ini, jumlah daerah pemilihan (dapil) juga memungkinkan bertambah. Menurut Subairi, jika pemilu bakal memilih 55 anggota DPRD, dapil di Surabaya akan ditambah.

"Kalau tetap lima dapil berat. Kemungkinan bertambah menjadi enam dapil," katanya.

Ia menyebut kini KPU Surabaya sedang mengkaji perubahan jumlah dapil itu. KPU Surabaya akan mengundang beberapa pihak yang berkompeten sebelum memutuskan perubahan jumlah dapil ini.

Sementara itu, anggota KPU Surabaya Agus Turcham menambahkan jika legislator di Surabaya menjadi 55 orang, maka akan menjadi daerah pertama di Jatim yang memiliki jumlah legislator sebanyak itu. Namun, jika dibandingkan global se-Indonesia, Surabaya bakal menyusul Kabupaten Bandung.

"Sekarang ini di Bandung sudah 55 anggota DPRD dan ada enam dapil," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper