Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kursi Legislator Surabaya Bisa Bertambah pada Pemilu 2024

Pemilu 2019, jumlah penduduk Kota Surabaya masih di bawah 3 juta jiwa. Namun, pada tahun 2024 mendatang, potensi jumlah penduduk Kota Surabaya mencapai 3 juta jiwa sangat mungkin terlampaui.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 April 2021  |  19:20 WIB
Ilustrasi. - Antara/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi. - Antara/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, SURABAYA - Jumlah anggota DPRD Kota Surabaya yang saat ini sebanyak 50 orang, berpotensi bertambah menjadi 55 orang pada Pemilihan Umum 2024.

"Kami sampaikan tentang adanya potensi penambahan jumlah anggota DPRD di Surabaya dari 50 orang menjadi 55 orang," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Subairi yang bersama anggota KPU lainnya melaporkan hasil Pilkada 2020 ke DPRD Surabaya, Selasa (27/4/2021).

Menurut Subairi, menilik Keputusan KPU RI Nomor 18/PP.02-KPT/03/KPU/I/2018 tentang Petunjuk Teknis Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten/Kota Dalam Pemilu, menyebutkan kabupaten/kota yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 3 juta jiwa, jumlah anggota DPRD-nya bisa berjumlah 55 orang.

Subairi juga menyebut hal ini telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 yang intinya menyebutkan bahwa kabupaten/kota yang memiliki penduduk lebih dari 3 juta jiwa, jumlah anggota DPRD-nya bisa diisi 55 orang.

Ia menjelaskan pada Pemilu 2019, jumlah penduduk Kota Surabaya masih di bawah 3 juta jiwa. Namun, pada tahun 2024 mendatang, potensi jumlah penduduk Kota Surabaya mencapai 3 juta jiwa sangat mungkin terlampaui.

"Sebab posisi sekarang, jumlah penduduk Surabaya sudah mencapai 2,9 juta jiwa. Di tahun 2024 kemungkinan sudah tembus di angka 3 juta," katanya.

Sebagai konsekuensi atas penambahan jumlah legislator ini, jumlah daerah pemilihan (dapil) juga memungkinkan bertambah. Menurut Subairi, jika pemilu bakal memilih 55 anggota DPRD, dapil di Surabaya akan ditambah.

"Kalau tetap lima dapil berat. Kemungkinan bertambah menjadi enam dapil," katanya.

Ia menyebut kini KPU Surabaya sedang mengkaji perubahan jumlah dapil itu. KPU Surabaya akan mengundang beberapa pihak yang berkompeten sebelum memutuskan perubahan jumlah dapil ini.

Sementara itu, anggota KPU Surabaya Agus Turcham menambahkan jika legislator di Surabaya menjadi 55 orang, maka akan menjadi daerah pertama di Jatim yang memiliki jumlah legislator sebanyak itu. Namun, jika dibandingkan global se-Indonesia, Surabaya bakal menyusul Kabupaten Bandung.

"Sekarang ini di Bandung sudah 55 anggota DPRD dan ada enam dapil," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu jatim surabaya

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top