Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Malang Diminta Mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Pemkot Malang dapat melakukan pengolahan sampah dan memasarkan hasilnya sampai ke kabupaten/kota sekitarnya agar dapat digunakan sebagai kompos pertanian.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 16 Maret 2021  |  18:42 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji (kanan) mendampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat meninjau lokasi pembuangan sekaligus pengolahan sampah yang ada di TPA Supiturang, Selasa (16/3/2021). - Istimewa
Wali Kota Malang Sutiaji (kanan) mendampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat meninjau lokasi pembuangan sekaligus pengolahan sampah yang ada di TPA Supiturang, Selasa (16/3/2021). - Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta Pemkot Malang dapat memanfaatkan sampah di tempat pembuangan akhir atau TPA Supiturang menjadi pembangkit listrik tenaga sampah atau PLTSa sehingga lebih bernilai ekonomis.

"Saya berharap,dua tahun kedepan dapat menjadikan lokasi ini sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS)," ujarnya saat meninjau lokasi pembuangan sekaligus pengolahan sampah yang ada di TPA Supiturang, Selasa (16/3/2021).

Dia menekankan agar Pemkot Malang dapat melakukan pengolahan sampah dan memasarkan hasilnya sampai ke kabupaten/kota sekitarnya agar dapat digunakan sebagai kompos pertanian.

"Potensinya cukup besar, Kota Malang dapat mengolah 400 ton sampah per harinya," kata Khofifah.

Multiplier profit-nya cukup besar. Para petani dapat memanfaatkan kompos dari proses pengolahan sampah di sini sehingga proses tersebut bisa memberikan nilai tambah.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan pengoperasian sanitary landfill yang akan segera dilaksanakan saat tenaga terampil yang telah dilatih siap. Kami adalah salah satu yang ditunjuk oleh Kementerian PUPR maka tentu akan segera kami tindaklanjuti.

"Anggaran operasionalnya pun telah disiapkan padan 2021 ini" ujarnya.

Dia menegaskan pula, bahwa apa artinya pembangunan ini jika tidak dimanfaatkan. Karena itulah, perlu osialisasi pada masyarakat untuk memilah sampah akan terus dilaksanakan secara masif.(K24)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim malang khofifah
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top