Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keyakinan Konsumen di Malang Menurun pada Januari

Meskipun demikian ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan masih cukup kuat.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MALANG — Indeks Keyakinan Konsumen di Malang pada Januari 2021 sebesar 86,96 atau lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 97,75 mengacu hasil survei konsumen Bank Indonesia Malang pada Januari 2021.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Azka Subhan Aminurridho mengatakan kondisi ini tidak terlepas dari masih tingginya angka Covid-19 dan kembali diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Malang Raya mulai 11 Januari 2021 sehingga mempengaruhi daya beli masyarakat.

“Meskipun demikian ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan masih cukup kuat,” katanya di Malang, Kamis (4/2/2021).

Hal itu tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat sebesar 109,00 atau tetap pada level optimis >100. IEK dipengaruhi oleh ekspektasi penghasilan, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja, dan ekspektasi kegiatan usaha.

Di sisi lain Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) pada Januari 2021 tercatat sebesar 64,92 lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 64,33.

Peningkatan IKE dipengaruhi oleh penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja dan pembelian durable goods. Peningkatan terutama terjadi pada penghasilan saat ini dibandingkan 6 (enam) bulan yang lalu dari sebesar 55,50 menjadi 70,39 atau meningkat sebesar 14,89 poin yang dipengaruhi oleh peningkatan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2021 Kota Malang menjadi Rp2,9 juta. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper