Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Covid, K3S Kabupaten Pasuruan Bantu Pesantren Piring dan Gelas

Totalnya ada 100 buah per paketnya. Biasanya santri makan minumnya ramai-ramai atau bergantian. Nah ini bisa sendiri-sendiri.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 14 Januari 2021  |  06:21 WIB
Santri senam pagi. - Antara
Santri senam pagi. - Antara

Bisnis.com, PASURUAN — Koordinator Ekonomi Kesejahteraan Sosial (K3S) Kab. Pasuruan membantu pesantren berupa peralatan makan dan minum sehingga masing-masing santri dapat menggunakan secara individu dan mencegah persebaran Covid-19.

Ketua K3S Kab. Pasuruan Lulis Irsyad Yusuf mengatakan bantuan itu diberikan kepada pesantren agar dapat mengurangi tingkat penularan virus corona di kalangan santri melalui tempat makan dan minum.

"Totalnya ada 100 buah per paketnya. Biasanya santri makan minumnya ramai-ramai atau bergantian. Nah ini bisa sendiri-sendiri, meski saya meyakini santri pasti banyak yang sudah memahami akan pentingnya memiliki peralatan sendiri-sendiri," katanya di Pasuruan, Rabu (13/1/2021).

Ada sembilan ponpes yang menjadi sasaran pemberian bantuan, yakni Ponpes Al Latifiyah Kejeron, Ponpes Nurul Barokah Podokaton, Ponpes Salafiyah Kalimalang, Ponpes Raudhatul Ulum Tebas di Kecamatan Gondangwetan. Selanjutnya adalah Ponpes Al Qodiri Areng-areng, Ponpes Al Hidayah Jatigunting, Ponpes Ar Riyadh Banin wal banat Jatigunting, Ponpes Nurul Qodim Taman Sari, dan Ponpes Hidayatul Mubtadiin Sudan, di Kecamatan Wonorejo.

Bantuan peralatan makan tersebut, dia berharap, bisa langsung didistribusikan agar para santri yang belum punya sendok, piring atau mangkuk sendiri, tidak menggunakan piring santri yang lain.

Selain membagikan peralatan makan higienis, K3S Kabupaten Pasuruan juga akan membagikan 240 paket perlengkapan sholat seperti sarung, mukenah dan sajadah. Menurut Lulis, bantuan tersebut akan diserahkan kepada para Takmir masjid di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Sasaran masjid yang dimaksud adalah masjid besar/masjid raya/masjid agung di masing-masing kecamatan. Masjid tersebut pastinya banyak dikunjungi warga yang akan melaksanakan ibadah sholat maupun kegiatan keagamaan lainnya.

"Kalau masjid besar atau masjid agung pasti menjadi pusat ibadah orang-orang. Pasti banyak yang datang. Untuk itu, bantuan perlengkapan sholat ini kami berikan agar bisa dipakai secara bergantian dengan yang sudah ada," ujar Lulis yang juga istri Bupati Irsyad Yusuf itu.

K3S Kabupaten Pasuruan juga akan membagikan bantuan tempat cuci tangan untuk TPQ (Taman Pendidikan Al Qur'an) dan Panti Asuhan di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. (K24)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasuruan jatim
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top