Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Potret Konsumsi BBM Jatim dan Bali Menjelang Puncak Libur Akhir Tahun

Beberapa tujuan wisata seperti Kota Batu, Jawa Timur, penyaluran BBM jenis gasoline (premium, pertalite, pertamax dan pertamax turbo) stabil di angka 101 Kilo Liter (KL)/hari. Untuk BBM jenis gasoil (biosolar, dexlite dan pertamina dex) sedikit bertambah sebesar 3 persen, menjadi 27 KL/hari.
SPBU No. 54.832.03 Kekalik, Jl. Majapahit No. 40, Kota Mataram./Istimewa
SPBU No. 54.832.03 Kekalik, Jl. Majapahit No. 40, Kota Mataram./Istimewa

Bisnis.com, MALANG - Angka rata-rata konsumsi harian BBM pada masa Satgas Natal dan Tahun Baru cenderung relatif stabil meski terjadi sedikit perubahan jika dibandingkan dengan penyaluran harian pada masa normal di destinasi wisata di Jatimbalinus.

Manager Region Retail Sales V Pertamina, I Ketut Permadi Aryakuumara mengatakan di beberapa tujuan wisata seperti Kota Batu, Jawa Timur, penyaluran BBM jenis gasoline (premium, pertalite, pertamax dan pertamax turbo) stabil di angka 101 Kilo Liter (KL)/hari. Untuk BBM jenis gasoil (biosolar, dexlite dan pertamina dex) sedikit bertambah sebesar 3 persen, menjadi 27 KL/hari.

“Untuk wilayah Malang Raya, penyaluran produk BBM gasoline stabil di angka 1.165 KL/ hari dan produk BBM gasoil turun 5 persen ke angka 375 KL/ hari. Bahkan di Kab. Banyuwangi, penyaluran kedua jenis produk BBM tersebut mengalami penurunan, produk BBM gasoline turun sebanyak 3 persen (476 KL/hari) dan gasoil sebanyak 4 persen , yakni 227 KL/ hari," katanya dalam keterangan resminya, Rabu (30/12/2020).

Dia menambahkan, di Provinsi Bali, BBM jenis gasoline sedikit bertambah 4 persen ke angka 2.143 K/hari). Demikian halnya dengan BBM jenis gasoil bertamba 6 persen menjadi 471 KL/hari).

Di wilayah Pulau Lombok, NTB, terjadi penambahan penyaluran BBM gasoline sebesar 15 persen menjadi 1.023 KL/hari), dan BBM gasoil sebesar 4 persen (262 KL per hari). Untuk Provinsi NTT, khususnya di Labuan Bajo, permintaan produk BBM gasoline stabil di angka 881 KL/ hari dan produk BBM gasoil turun hingga 13 persen, menjadi 360 KL/ hari.

Selain layanan penyaluran BBM, terdapat 858 agen dan 6.257 pangkalan LPG Siaga Pertamina di Jatimbalinus. Selama masa Satgas Nataru ini mencatatkan peningkatan angka rata-rata konsumsi harian sebesar 5 persen, dari 5.350 Metrik Ton (MT), menjadi 5.600 MT/harinya.

"Layanan agen dan pangkalan LPG telah siap dengan pasokan dalam kondisi yang cukup, termasuk mendukung kegiatan berlibur masyarakat yang tetap beraktivitas di rumah pada masa liburan akhir tahun 2020," ujarnya.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan dalam penyediaan energi nasional, kata dia, Pertamina selalu berupaya memberikan layanan terbaik dan terus meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen.

Kepada pelanggan yang ditemui di SPBU, Hasto mengingatkan bila membutuhkan informasi tentang lokasi SPBU atau ada kendala di perjalanan bisa menghubungi Pertamina Call Center 135. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper