Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Indonesia - KAI Kerja Sama Optimalisasi Angkutan Barang

Melalui MoU virtual itu, terdapat kerja sama jangka pendek yang bisa segera digarap bersama yakni pemanfaatan Stasiun Babat untuk pengiriman semen dari Pabrik Tuban milik SIG maupun SBI.
Kereta Api Angkutan Barang. /KAI
Kereta Api Angkutan Barang. /KAI

Bisnis.com, SURABAYA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mengoptimalkan pengembangan angkutan barang menggunakan kereta salah satunya memanfaatkan Stasiun Babat untuk pengiriman semen dari pabrik Tuban milik SIG.

Direktur Utama SIG, Hendi Prio Santoso mengatakan, kereta api merupakan salah satu moda transportasi penting dalam mendukung logistik perusahaan, sehingga ke depan KAI akan menjadi salah satu mitra strategis seiring perkembangan SIG sebagai penyedia solusi bahan bangunan.

“Kerja sama ini merupakan sinergi untuk saling melengkapi dan memberikan hasil terbaik bagi kedua belah pihak, utamanya kereta api mendukung distribusi produk SIG hingga pengembangan kerja sama potensial lainnya yang bisa dimanfaatkan,” jelasnya dalam rilis, Kamis (26/11/2020).

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan dalam skema kerja sama yang ditandatangani melalui MoU virtual itu, terdapat kerja sama jangka pendek yang bisa segera digarap bersama yakni pemanfaatan Stasiun Babat untuk pengiriman semen dari Pabrik Tuban milik SIG maupun SBI (PT Solusi Bangun Indonesia Tbk).

“Selain itu KAI juga menjajaki pengiriman semen dari Tonasa melalui jalur Makassar hingga Pare-Pare,” imbuhnya.

Adapun dalam kerja sama dan MoU tersebut terdapat sejumlah rencana bisnis ke depan di antaranya peningkatan kerja sama angkutan berbasis kereta api dan sewa tanah atau bangunan untuk jangka menengah dan jangka panjang, termasuk melakukan kajian bersama untuk rencana komersial dan operasional terkait jalur dan prasarana.

“Melalui kerja sama ini diharapkan KAI dapat mendukung pendistribusian semen dan produk lainnya dari SIG, khususnya di wilayah Jawa dan Sumatra untuk menciptakan distribusi logistik nasional yang efektif dan efisien,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler