Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelayanan Publik di Kota Malang Didorong Terus Inovatif

Pemkot Malang mendorong organisasi perangkat daerah atau OPD setempat untuk terus melakukan inovasi pelayanan publik sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 16 November 2020  |  17:41 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji didampingi Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (dua dari kiri) dan Sekda Kota Malang Wasto (kiri) menyerahkan penghargaan kepada Kepala Sekolah SMPN Mukhamad Syaroni karena keberhasilannya mendirikan Kantin Segar Kagemi, di Malang, Senin (16/11/2020). - Istimewa
Wali Kota Malang Sutiaji didampingi Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (dua dari kiri) dan Sekda Kota Malang Wasto (kiri) menyerahkan penghargaan kepada Kepala Sekolah SMPN Mukhamad Syaroni karena keberhasilannya mendirikan Kantin Segar Kagemi, di Malang, Senin (16/11/2020). - Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Pemkot Malang mendorong organisasi perangkat daerah atau OPD setempat untuk terus melakukan inovasi pelayanan publik sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan Pemerintah Kota Malang selalu berinovasi dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik. “Pemerintah sedang menggalakkan inovasi. Bahkan kita saat ini sedang maju di tingkat nasional. Tingkat nasional sudah masuk Sepasar Pedas. Rencana masuk internasional yang Sepasar Pedas,” ujarnya di Malang, Senin (16/11/2020).

Inovasi Segar Kagemi SMPN 10 Dikbud Kota Malang masuk dalam Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) dan Inovasi Rumah Diapers dari Puskesmas Polowijen Dinkes Kota Malang masuk dalam Top 45 KOVABLIK Provinsi Jatim 2020.

Rumah Diapers diinisiasi Anita Resky DS, Pelaksana Sanitarian di Puskesmas Polowijen. Rumah Diapers juga mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dari Kementerian Kesehatan 2 Oktober lalu.

Program tersebut dinilai menjadi satu-satunya program di Indonesia dalam mengolah dan mendaur ulang popok bayi atau Diapers.

Kantin Segar Kagemi, nama kantin SMPN 10 Kota Malang merupakan akronim dari Semua Bugar dengan Kantin Gemar Makan Ikan.

Kantin Segar Kagemi dirintis sejak 2017. Berawal dari keprihatinan guru melihat banyak anak yang enggan makan ikan. Padahal, ikan menjadi sumber makanan bergizi. Kandungan proteinnya tinggi. Harganya juga relatif murah.

Melalui program inovasi Sepasar Pedas atau Sekolah Pasar Pedagang Cerdas pedagang pasar rakyat Kota Malang dapat bersaing dan bisa memberikan kepercayaan lebih kepada konsumen agar tetap berbelanja ke pasar rakyat dengan nyaman.

”Kami berikan apresiasi kepada OPD, Saya kira kerja ini adalah kerja bareng, bukan OPD terkait saja tapi juga kerja masyarakat,“ ujar Sutiaji.

Sekda Kota Malang Wasto dalam sambutannya mendorong OPD untuk terus berinovasi. Inovasi demi inovasi pelayanan publik di Kota Malang sangat bagus dan luar biasa.

“Untuk itu, tolong dan mari terus menerus inovasi terus kita lakukan secara bersama – sama. Di era saat ini inovasi dihargai dalam bentuk skor untuk mendapatkan DID (Dana Intensif Daerah) sehingga berinovasi yang berimplikasi pada penghargaan nasional. Disitulah kontribusi nyata OPD untuk meningkatkan pendapatan daerah yang merupakan sumber pembangunan. Oleh karena itu mudah–mudahan semangat dan sprit macam ini kita lakukan secara bersama–sama,” ujarnya.(K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kota malang pelayanan publik
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top