Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Serikat Pekerja Jatim Minta Upah 2021 Naik Rp600.000, Demi Dongkrak Daya Beli

Jika upah tidak naik dinilai akan lebih berdampak bagi perekonomian Jatim, pasalnya daya beli masyarakat semakin melemah di tengah pandemi Covid-19.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  14:32 WIB
Kenaikan upah memengaruhi daya beli. - Antara/Fakhri Hermansyah
Kenaikan upah memengaruhi daya beli. - Antara/Fakhri Hermansyah

Bisnis.com, SURABAYA – Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) wilayah Jawa Timur meminta Pemprov Jatim untuk menaikkan upah pekerja/buruh sebesar Rp600.000 dalam penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021.

Ketua SPSI Jatim, Ahmad Fauzi mengatakan di saat pandemi seperti saat ini pekerja/buruh membutuhkan kebijakan pemerintah yang mensejahterakan rakyatnya. Menurutnya, kebijakan tidak ada kenaikan upah tahun depan karena pandemi oleh pemerintah pusat dianggap tidak masuk akal.

“Kebijakan tidak ada kenaikkan upah buruh ini kurang tepat, karena tidak semua perusahaan atau industri terdampak Covid-19. Pandemi tidak bisa dijadikan alasan yang melatarbelakangi keputusan itu,” ujarnya, Rabu (28/10/2020).

SPSI Jatim pun menawarkan usulan agar pembasahan kenaikkan upah dilakukan oleh Dewan Pengupahan tingkat kota/kabupaten serta provinsi sebagai jalan tengah, sehingga bukan satu pihak langsung tidak menaikkan upah buruh sama sekali.

Dia menambahkan, menaikkan upah pekerja adalah bagian dari tanggung jawab pemerintah dalam mensejahterakan rakyatnya. Jika upah tidak naik dinilai akan lebih berdampak bagi perekonomian Jatim, pasalnya daya beli masyarakat semakin melemah di tengah pandemi Covid-19. Diharapkan kenaikkan upah tahun depan dengan kisaran Rp600.000/bulan itu bisa mendorong daya sehingga ekonomi akan tumbuh.

Adapun keputusan tidak ada kenaikan upah tahun ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah Nomor M/11/HK.04/2020. SE ini mengatur Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 pada Masa Pandemi Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ump jatim
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top