Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasien Corona Sembuh Bertambah 512 Orang, Recovery Rate Jatim Capai 84,13 Persen

Pemerintah telah berupaya untuk menekan angka kematian akibat Covid-19 dengan berbagai cara seperti terapi Plasma Convalescent dan High Flow Nasal Cannula.
Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi.
Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi.

Bisnis.com, SURABAYA – Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Jawa Timur terus menunjukkan perkembangan yang baik dengan persentase mencapai 84,13 persen atau yang tertinggi di Pulau Jawa.

Berdasarkan data satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, pada 28 September 2020 tercatat ada 512 pasien yang telah sembuh. Angka tersebut menambah jumlah pasien sembuh secara total di Jatim mencapai 36.323 orang.

Sementara pasien yang terkonfirmasi positif baru per hari ini sebanyak 284 orang, sehingga total kasus positif Covid-19 di Jatim mencapai 43.174 kasus. Dari total kasus tersebut sebanyak 3.713 orang (8,6 persen) masih dirawat di rumah sakit rujukan maupun isolasi mandiri, sementara yang meninggal dunia mencapai 3.138 orang (7,27 persen).

Ketua Tim Kuratif pada Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, dr. Joni Wahyuhadi mengatakan pemerintah telah berupaya untuk menekan angka kematian akibat Covid-19 dengan berbagai cara seperti terapi Plasma Convalescent dan High Flow Nasal Cannula.

“Selain layanan perawatan yang dioptimalkan, peran masyarakat untuk ikut mencegah juga sangat penting. Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak itu sudah mutlak tidak bisa diabaikan,” katanya, Senin (28/9/2020).

Adapun per 28 September 2020 ini, di Jatim tercatat ada 6 daerah yang zona merah yakni Sumenep, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Probolinggo, Mojokerto,dan Kota Probolinggo. Sementara 25 kota/kabupaten lainnya sudah menjadi zona orange, dan tujuh daerah sudah berada pada zona kuning.

Joni menambahkan hingga kini Pemprov Jatim telah melakukan sebanyak 943.088 rapid test yang berarti satu dari 42 penduduk di Jatim sudah dilakukan rapid test, serta telah melaksanakan 329.045 tes swab atau PCR, yang berarti 1 dari 50 penduduk Jatim telah melakukan PCR.

“Update jumlah mesin PCR kita sekarang ada 53, dan TCM ada 23 unit, dengan kemampuan testing harian 4.000 – 5.349 tes,” imbuhnya.

Khusus di Rumah Sakit Darurat/Lapangan Indrapura, hingga kini tercatat total ada 2.311 orang terkonfirmasi positif. Dari jumlah itu, sebanyak 2.149 orang telah sembuh, dan 152 orang masih dirawat, serta tidak ada kasus meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper