Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinas Pendidikan Jatim Siapkan Tiga Pola Pembelajaran di Era Covid-19

Tiga sistem pembelajaran ini diterapkan berdasarkan hasil evaluasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Jatim dan pengawas pendidikan khusus di Jatim.
Guru mengajar di salah satu rumah warga./Antara
Guru mengajar di salah satu rumah warga./Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan Jawa Timur menerapkan tiga model pembelajaran untuk siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) selama pandemi Covid-19.

"Model pertama, sama halnya siswa di jenjang sekolah lainnya yaitu sistem daring," ujar Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK) Dinas Pendidikan Jatim, Suhartono di Surabaya, Senin (10/8/2020).

Model kedua adalah orang tua atau wali murid datang ke sekolah, dan ketiga yakni guru datang ke rumah siswanya atau lebih dikenal home visit.

Tiga sistem pembelajaran ini, kata dia, diterapkan berdasarkan hasil evaluasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Jatim dan pengawas pendidikan khusus di Jatim.

"Jadi orang tua bisa memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan anak-anaknya. Jika menggunakan sistem daring maka peran guru yang didorong untuk membuat model pembelajaran inovatif sesuai kemampuan anak," ucapnya.

Apabila dalam penerapan sistem daring wali murid terkendala sarana berupa ponsel, laptop atau sambungan internet maka bisa memilih opsi kedua.

"Orang tua datang ke sekolah untuk mengambil materi siswa untuk pembelajaran mandiri," katanya.

Jika merasa khawatir dengan adanya Covid-19 atau kesulitan dalam pembelajaran siswanya karena hambatan tertentu, lanjut dia, guru bisa mendatangi rumah siswa yang betul-betul tidak bisa hadir ke sekolah untuk dilakukan pendampingan selama pembelajaran.

Menurut dia, tiga model pembelajaran itu dinilai mampu memfasilitasi pembelajaran siswa berkebutuhan khusus selama masa pandemi, termasuk pengawasan guru juga terus dilakukan yang melibatkan pengawas.

"Ini ada laporan. Jadi apa yang dilakukan oleh guru dan siswa setiap akhir bulan ini dilakukan laporan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper