Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bupati Rijanto Ajak Investor Asal Jepang Investasi di Blitar

Delegasi Jepang menggali potensi ekonomi di Kabupaten Blitar, yakni sektor mana saja yang layak dibangun dengan investasi bersama investor asal Jepang.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  17:34 WIB
Bupati Blitar Rijanto (kiri) menemui Bupati Rijanto menemui Konsul Jenderal (Konjen) Jepang untuk Indonesia yang bertugas di kantor Konjen tingkat Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Masaki Tani, di Pendapa Ronggo Hadi Negoro (RHN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, Rabu (22/01 - 2020).
Bupati Blitar Rijanto (kiri) menemui Bupati Rijanto menemui Konsul Jenderal (Konjen) Jepang untuk Indonesia yang bertugas di kantor Konjen tingkat Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Masaki Tani, di Pendapa Ronggo Hadi Negoro (RHN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, Rabu (22/01 - 2020).

Bisnis.com, BLITAR — Pemkab Blitar mengajak investor asal Jepang di berbagai sektor, terutama peternakan, pertanian, perkebunan, pariwisata, termasuk pertambangan yang mempunyai keunggulan kompetitif bila dibandingkan daerah lain.

Bupati Blitar Rijanto mengatakan seperti di sektor pertanian, ikan koi asal daerah merupakan terbaik di Indonesia. Karena itulah, budidaya ikan koi sangat menguntungkan.

“Kab. Blitar memiliki multipotensi sektor ekonomi yang layak dikembangkan,” katanya dalam keterangan resminya, Kamis (30/7/2020).

Sebelumnya, Bupati Rijanto menemui Konsul Jenderal (Konjen) Jepang untuk Indonesia yang bertugas di kantor Konjen tingkat Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Masaki Tani, di Pendapa Ronggo Hadi Negoro (RHN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, Rabu (22/1/2020).

Seusai pertemuan, Masaki menegaskan kunjungan kerjanya ke Kab. Blitar untuk menggali potensi ekonomi di Kabupaten Blitar, yakni sektor mana saja yang layak dibangun dengan investasi bersama investor asal Jepang.

Kabupaten Blitar, kata dia, menjadi satu dari tiga daerah di provinsi Jawa Timur yang dikunjunginya dalam hal persoalan serupa. Dua daerah selain kabupaten Blitar ini yakni kabupaten Trenggalek dan kabupaten Tulungagung.

Bupati Rijanto optimistis investor Jepang nantinya berminat berinvestasi di Kabupaten Blitar. Keyakinannya tersebut dilandaskan atas multipotensi yang dimiliki Kabupaten Blitar cukup menjanjikan.

Dia mencontohkan sektor perikanan, terutama ikan koi. Ikan koi Kab. Blitar menjadi produksi koi terbaik di Indonesia. Tidak heran, para peternak ikan koi Kabupaten Blitar banyak yang berprestasi saat mengikuti kontestasi ikan koi.

“Koi asal Blitar terbaik. Kemarin beberapa kali mengikuti kontes jurinya dari Jepang. Kami merencanakan ada pendampingan dari BI agar ikan tersebut dapat dipromosikan ke Jepang,” tukasnya.

Potensi lain juga banyak yang dapat mendorong investor Jepang berinvestasi di kabupaten Blitar. “Kabupaten Blitar mempunyai banyak potensi ya, baik di bidang peternakan, pertanian, perkebunan, termasuk pertambangan. Belum lagi kebudayaannya. Sungguh luar biasa,” ucapnya.(K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blitar
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top