Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertamina Tambah 6 Persen Pasokan LPG Antisipasi Iduladha

Peningkatan konsumsi LPG juga diprediksi naik menjelang Iduladha atau Hari Raya Qurban dan seiring peningkatan jumlah konsumsi yang juga terjadi seiring dengan mulai pulihnya aktivitas ekonomi masyarakat.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  06:16 WIB
Pertamina menambah pasokan LPG di Jatim sebesar 5 persen pada libur Iduladha. - Istimewa
Pertamina menambah pasokan LPG di Jatim sebesar 5 persen pada libur Iduladha. - Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Pertamina menambah pasokan LPG sebesar 6 persen mengantisipasi libur Iduladha di Jatim.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatim Bali Nusa Tenggara Rustam Aji mengatakan kebutuhan masyarakat akan produk LPG di wilayah Provinsi Jawa Timur memiliki kecenderungan tren meningkat di beberapa momen perayaan hari besar keagamaan.

“Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus pastikan distribusi dan stok mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya, Rabu (29/7/2020).

Peningkatan konsumsi LPG juga diprediksi beberapa hari lagi menjelang Iduladha atau Hari Raya Qurban. Selain itu, peningkatan jumlah konsumsi yang juga terjadi seiring dengan mulai pulihnya aktivitas ekonomi masyarakat, warung-warung makan, restoran dan kafe, yang sebagian sudah beroperasi kembali.

Hingga 26 Juli 2020, kata dia, rata-rata konsumsi harian di Prov. Jatim mencapai 4.090 Metrik Ton (MT) perhari. “Di Juli ini, dimana nanti pada 31 Juli juga bertepatan dengan Hari Raya Iduladha, Pertamina sudah mempersiapkan tambahan pasokan LPG fakultatif sebesar 6 persen atau ditambah menjadi 4.300 MT perhari, yang mungkin akan dibutuhkan masyarakat pada momen perayaan hari besar keagamaan tersebut," ujarnya.

Pertamina juga secara aktif berkoordinasi dengan pemda dalam upaya penyaluran dan pengawasan penggunaan LPG 3 kg agar lebih tepat sasaran. Momen meningkatnya kebutuhan LPG seringkali dimanfaatkan oleh oknum spekulan (pengecer), yang mempermainkan harga jual tanpa mengacu ke Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan Pemerintah.

“Oleh karena itu kami imbau masyarakat, agar membeli langsung LPG di pangkalan resmi LPG dan Outlet Bright Gas Pertamina," kata Rustam.

Di wilayah Provinsi Jawa Timur sendiri sampai dengan saat ini ada lebih dari 670 agen dan 27.200 pangkalan LPG.

Dia menambahkan bahwa selain LPG 3 kg, Pertamina juga tetap menyediakan alternatif pilihan LPG lain yang lebih berkualitas untuk dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Pelanggan bisa menggunakan Bright Gas ukuran 5,5 kg maupun 12 kg yang didukung layanan Pertamina Delivery Service (PDS), sehingga masyarakat cukup tetap berada di rumah selama mempersiapkan hidangan khas Hari Raya Qurban," ujarnya.

Pelanggan dapat memesan produk LPG Bright Gas yang dibutuhkan melalui aplikasi MyPertamina yang sudah diunduh, kemudian mengisi informasi lokasi pengiriman, maka armada PDS akan membawakan pesanan pelanggan langsung ke rumah, pembayaran nya pun dilakukan secara non tunai via aplikasi. Bisa juga dapat melakukan pemesanan LPG Bright Gas melalui Call Center Pertamina di nomor 135.(K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top