Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkab Blitar dan Pemkot Tasikmalaya Kerja Sama Perdagangan Telur

Kota Tasikmalaya menyerap 176 ton dalam periode Januari 2020 sampai saat ini.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  19:52 WIB
Kegiatan pengepakan telur di Koperasi Putera Blitar. - Istimewa
Kegiatan pengepakan telur di Koperasi Putera Blitar. - Istimewa

Bisnis.com, BLITAR — Pemkab Blitar dan Pemkot Tasikmalaya bekerja sama dalam bidang perdagangan di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan, terutama telur ayam negeri dengan fasilitasi dari Perwakilan Bank Indonesia Kediri.

Koperasi Peternak Unggas Sejahtera (Putera) Blitar Sukarman mengatakan adanya kerja sama itu penting bagi kelangsungan perdagangan telur antara Koperasi Putera dengan institusi bisnis di Tasikmalaya.

“Dengan adanya kerja sama tersebut, maka jika ada dispute baik dari sisi pasokan maupun permintaan, maka pemda masing-masing menengahinya, bisa turun tangan sehingga relatif bisa menjamin kelangsungan kerja sama perdagangan itu,” ujarnya dihubungi, Jumat (24/7/2020).

Kota Tasikmalaya, kata dia, menyerap 176 ton dalam periode Januari 2020 sampai saat ini. Dibanding dengan produksi telur asal Kab. Blitar yang mencapai 1.000 ton/hari, angka penyerapan telur ke daerah itu tidak bisa besar.

“Tapi saya mendapatkan informasi bahwa Tasikmalaya membutuhkan pasokan setidaknya 15 ton/hari untuk memenuhi kekurangan pasokan dari daerah sekitar. Ini potensi yang bagus,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini produksi telur asal Blitar hampir semuanya diserap ke luar daerah Jatim. Hanya 5 persen yang diserap di Jatim.

Sebagian besar diserap untuk konsumsi warga Jakarta, 65 persen-70 persen, selanjutnya untuk Jabar seperti Tasikmalaya dan Bandung, Papua, Kalimantan, dan lainnya.

Model kerja sama perdagangan telur dengan melibatkan pemda, kata dia, sudah dilakukan Pemkab Blitar dengan Food Station BUMD Jakarta dan menyusul kemudian Tasikmalaya.

Dia berharap, jika perdagangan telur antara Koperasi Putera dengan daerah lain dengan omzet banyak, maka idealnya diberlakukan kerja sama dengan skema pemerintah dengan pemerintah yang kemudian dikembangkan menjadi institusi bisnis dengan bisnis.(K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blitar telur
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top