Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kabar Gembira! Gratis SPP untuk Siswa SMA dan SMK Negeri di Seluruh Jawa Timur

Kabar Gembira! Gratis SPP untuk Siswa SMA dan SMK Negeri di Jawa Timur
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  09:54 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di antara siswa di Jawa Timur. - Instagram @khofifah.ip
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di antara siswa di Jawa Timur. - Instagram @khofifah.ip

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa SPP, khusus sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di seluruh Jawa Timur tak lagi dipungut.

“Dulur, melalui postingan ini saya ingin menegaskan bahwa SPP bagi siswa SMA/SMK Negeri di seluruh penjuru Jawa Timur Gratis,” tulis Khofifah dalam akun Twitternya, Selasa (7/7/2020).

Gratis SPP ini merupakan bagian dari Program Pendidikan Gratis Berkualitas (TisTas).

Adapun, untuk sekolah swasta bakal diberikan subsidi secara proporsional yang seluruhnya ditanggung oleh APBD Provinsi Jawa Timur.

Bagi yang nilai subsidinya lebih kecil dibandingkan SPP yang dibebankan ke siswa, maka selisihnya boleh dibebankan pada orangtua murid.

“Kebijakan ini untuk meringankan beban masyarakat sekaligus meminimalisir jumlah anak putus sekolah di Jatim. Jika ada sekolah yang melanggar atau melakukan pungutan bersifat wajib silakan laporkan ke Dinas Pendidikan setempat agar segera kami tindaklanjuti. Maturnuwun,” tambah Khofifah.

Program TisTas selain memberikan SPP gratis, juga menyediakan seragam sekolah gratis pada seluruh siswa baru untuk sekolah negeri maupu swasta.

Diharapkan program tersebut bisa lebih siap dan berjalan lancar tahun 2020.

Pada tahun 2019, program tersebut masih mendapat beberapa evaluasi antara lain terkait bantuan kain seragam gratis sebanyak dua stel pakaian yakni abu-abu dan pramuka untuk jenjang SMA/SMK yang gagal direalisasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa timur khofifah
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top