Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

130 Anak Terinfeksi Covid-19 di Jawa Timur

Pasien Covid-19 usia anak ini memang kebanyakan tertular dari orang tua.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  05:56 WIB
Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid/19 Jatim, dr Kohar Hari Santoso.
Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid/19 Jatim, dr Kohar Hari Santoso.

Bisnis.com, SURABAYA - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur mengungkapkan hingga kini ada 130 anak usia 0 - 9 tahun yang terinfeksi Covid-19.

Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, dr Kohar Hari Santoso mengatakan dari 130 anak tersebut sebanyak 71 anak laki-laki dan 59 anak perempuan.

"Kalau dikelompokan, yang usia balita ada 22 anak laki-laki dan 28 anak perempuan. Dari 28 anak perempuan itu ada yang meninggal dunia 1 anak dengan usia 1,6 tahun dan itu kebetulan ada demam berdarahnya juga," ungkapnya dalam konferensi pers Pemprov Jatim, Selasa (2/6/2020).

Dia mengatakan pasien Covid-19 usia anak ini memang kebanyakan tertular dari orang tua. Namun juga ada yang ternyata orang tuanya negatif dari Covid-19.

"Kalau yang orang tuanya negatif, bisa juga tertular dari pengasuhnya," katanya.

Kohar menjelaskan terdapat beberapa pencegahan penularan, yakni secara individual seperti memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan imunitas, serta secara sosial misalnya seperti screening pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan dan social distancing.

"Yang terakhir ada pencegahan dari orang spesial yakni mereka yang punya komorbid (penyakit bawaan) dan anak-anak mengingat mereka paling rentan," katanya.

Kohar menambahkan, jika masyarakat yang memiliki pengasuh anak terutama yang tidak tinggal di rumah harus diawasi dengan ketat mengingat pengasuh tersebut punya mobilitas di luar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim jawa timur
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top