Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Universitas Brawijaya Buka Program Kuliah Cepat

Program sarjana dan pascasarjana dalam jangka waktu paling lama sepuluh semester.
Universitas Brawijaya./UB
Universitas Brawijaya./UB

Bisnis.com, MALANG - Universitas Brawijaya (UB) membuka pendaftaran Program Fast Track untuk memfasilitasi mahasiswa yang dapat menyelesaikan masa studinya pada program sarjana dan pascasarjana dalam jangka waktu paling lama sepuluh semester.

Rektor UB Prof. Nuhfil Hanani A.R., mengatakan salah satu tujuan dibukanya program fast track adalah untuk meningkatkan ranking UB secara internasional.

"Salah satu upaya menaikkan reputasi UB di tingkat internasional yaitu dengan meningkatkan jumlah publikasi internasional," ucapnya di Malang, Senin (27/4/2020).

Beberapa guru besar pernah berbicara dengan dirinya menyimpulkAn bahwa universitas itu akan bagus reputasi, sitasi, dan jurnalnya jika jumlah mahasiswa pascasarjana banyak. Oleh karena itu, tahun ini UB akan menggenjot jumlah mahasiswa pascasarjana melalui program fast track.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof.Dr.Aulanni'am mengatakan bahwa fast track menjadi komitmen UB mencapai peringkat 500 dunia dalam jangka waktu lima sampai sepuluh tahun.

Indikator-indikator untuk meningkatkan peringkat internasional terdiri dari academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty student ratio, dan international student.

"Salah satu upaya yang bisa dilakukan UB adalah melalui program fast track. Melalui program tersebut mahasiswa S1 bisa cepat menjadi mahasiswa S2," kata Prof Aul.

Dia menambahkan, melalui program fast track jumlah mahasiswa pascasarjana akan bertambah sehingga akan meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dan sitasinya. "Hal ini akan berdampak meningkatkan nilai dari indikator perangkingan tersebut," katanya.

Program Fast Track UB dibuka mulai tanggal 5 Mei sampai 10 Juli 2020.

Mahasiswa yang mendaftar program fast track adalah yang masih aktif mengikuti perkuliahan di UB, sedang menempuh semester enam dan telah lulus paling sedikit 110 SKS dengan IPK lebih besar atau sama dengan 3.50 atau paling rendah sama dengan 3.25 dengan nilai B paling rendah.

Memiliki nilai TOEFL minimal 450, mendapat rekomendasi dari dosen bergelar doktor dengan jabatan akademik paling rendah lektor, serta mendapat persetujuan dan kesanggupan pembayaran biaya pendidikan dari orangtua/wali atau pihak lain. Terkait tata cara pendaftaran bisa dilihat di website selma.ub.ac.id. (k24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper