Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PD Pasar Surya Diminta Sosialisasikan Belanja Daring

DPRD Kota Surabaya meminta Perusahaan Daerah Pasar Surya menyosialisasikan belanja di pasar tradisional secara daring.
Pasar Pabean di Surabaya, salah satu yang dikelola PD Pasar Surya./Antara-Didik Suhartono
Pasar Pabean di Surabaya, salah satu yang dikelola PD Pasar Surya./Antara-Didik Suhartono

Bisnis.com, SURABAYA – DPRD Kota Surabaya meminta Perusahaan Daerah Pasar Surya menyosialisasikan belanja di pasar tradisional secara daring sebagai upaya mengantisipasi penyebaran dan penularan virus corona jenis baru COVID-19 kepada warga Kota Pahlawan.

"PD Pasar Surya hendaknya menyosialisasikan opsi berbelanja daring di pasar-pasar tradisional," kata Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (12/4/2020).

Sosialisasi itu, lanjutnya, bisa dilakukan melalui jaringan RT, RW, LPMK, lurah, camat, dan saluran-saluran media sosial yang dikelola Pemkot Surabaya baik twitter, facebook, instagram maupun whatsaap grup.

Menurut dia, sosialisasi luas ini diperlukan agar masyarakat menyadari, ada opsi belanja daring di pasar-pasar tradisional sehingga kebutuhan sehari-hari tercukupi dengan baik, di tengah pendemi COVID-19.

"Di tengah imbauan pemerintah untuk menjaga jarak, physical distancing yang tujuannya untuk memutus mata rantai virus corona, memang harus terus dicari cara-cara kreatif dan cerdik dan roda ekonomi Kota Surabaya terus bergerak," ujarnya.

Tentunya, lanjutnya, pedagang pasar pun tidak gulung tikar karena masih terjadi transaksi jual beli dengan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bahan-bahan pokok.

"Saya yakin, opsi berbelanja daring di pasar-pasar tradisional bisa disambut positif oleh masyarakat, di tengah seruan pemerintah agar tetap di rumah untuk memutus mata rantai COVID-19," kata Adi.

Tidak hanya pasar-pasar tradisional yang dikelola PD Pasar Surya, ucapnya, daftar pedagang di pasar-pasar tradisional di Surabaya yang dikelola LKM atau swasta sebaiknya juga dicantumkan.

"Fitur-fitur belanja daring itu harus dilengkapi lokasi, jenis-jenis barang kebutuhan pokok, barang-barang kebutuhan lainnya beserta harga-harganya," papar Adi.

Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya Surabaya, M. Taufiqurrahman mengatakan belanja daring adalah layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa masyarakat datang atau berbelanja ke pasar.

"Jadi, kebutuhan masyarakat tetap bisa terlayani, tetapi pembeli tidak perlu datang ke pasar. Cukup dengan telepon," ucapnya.

Menurut dia, PD Pasar Surya akan mengunggah nama dan nomor telepon pedagang di laman https://pasarsurya.surabaya.go.id. Nama dan nomor telepon pedagang tersebut akan dikelompokkan berdasarkan pasar masing-masing.

"Lalu klik menu belanja daring, pilih cabang area dan pilih pasarnya. Pastikan pembeli memilih pasar yang paling dekat dengan domisilinya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper