Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gubernur Jatim Ajak Warga Donor Darah di Grahadi

Masyarakat diimbau memanfaatkan keberadaan mobil PMI untuk mendonorkan darahnya sampai 22 April 2020 di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 07 April 2020  |  20:58 WIB
Ilustrasi petugas PMI memperlihatkan kantong darah. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti\n
Ilustrasi petugas PMI memperlihatkan kantong darah. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti\\n

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan mobil Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mendonorkan darahnya sampai 22 April 2020 di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan keberadaan bus PMI di halaman Grahadi tersebut untuk mendorong para aparatur sipil negara (ASN) mendonorlan darah, juga masyarakat yang kebetulan melintas.

"Jadi, mobil PMI ini akan standby sampai 22 April 2020 untuk melayani pendonor. Mobil PMI ini akan siaga setiap hari kerja Senin sampai Jumat," katanya dalam konferensi pers, Selasa (7/4/2020) malam.

Dia mengatakan jumlah pendonor darah pada 7 April 2020 di Grahadi sudah mencapai 60 orang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan 6 April 2020 yang 25 orang.

Menurut Khofifah, penyediaan mobil PMI tersebut untuk meningkatkan jumlah pendonor yang sempat turun akibat adanya penyebaran virus corona dan penerapan physical distancing.

"Langkah siaga mobil PMI ini juga sebagai antisipasi pasokan darah, apalagi biasanya saat Ramadan, jumlah pendonor juga turun," ucapnya.

Dia menambahkan sebetulnya, dari penjelasan para tim dokter yang menangani COVID-19, bahwa pasien yang diserang virus corona jenis baru itu tidak signifikan dalam memerlukan darah. Namun, menurutnya, jemput bola tetap dilakukan sebagai langkah antisipasi kebutuhan darah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

donor darah Virus Corona
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top