Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trenggalek Konfirmasi Kasus Pertama Covid-19

Pasien 01 ini tinggal di rumah bersama dengan keluarga satu istri dan satu anak.
Ilustrasi sample darah yang terindikasi positif virus corona./Antara-Shutterstock
Ilustrasi sample darah yang terindikasi positif virus corona./Antara-Shutterstock

Bisnis.com, TRENGGALEK - Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 yang menimpa salah satu warganya yang kini menjalani isolasi mandiri di rumah, untuk proses penyembuhan.

"Pasien terkonfirmasi positif ini (pasien 01 Trenggalek) ini bukan kasus baru, melainkan pasien ke-175 Jawa Timur yang sebelumnya tercatat di Tulungagung," kata Bupati Nur Arifin menjelaskan dalam siaran langsung secara daring, didampingi Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak dan Kasdim 0806 Trenggalek, Senin (6/4/2020).

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyampaikan hal itu melalui video konferensi yang disiarkan secara daring di kanal Pemkab Trenggalek di sejumlah saluran media sosial, seperti facebook, instagram, twitter hingga youtube.

Selain itu, lanjut dia, pasien 01 Trenggalek ini merupakan pasien positif yang sehat, sehingga sesuai protokol kesehatan pasien ini tidak perlu melakukan perawatan di rumah sakit, hanya melakukan isolasi mandiri di rumah.

Bupati menjelaskan, pasien 01 ini tinggal di rumah bersama dengan keluarga satu istri dan satu anak, yang kemungkinan besar adalah subjek yang berkontak erat.

Maka dari itu pemerintah mengambil beberapa langkah, menerapkan isolasi mandiri bagi pasien dan keluarga di rumah.

Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan menetapkan kawasan disiplin physical distancing di lokasi sekitar titik isolasi, termasuk juga melakukan presing terhadap kontak erat dengan pasien 01.

Pemkab Trenggalek juga menunjuk penghubung khusus guna memantau kesehatan dan kebutuhan sehari-hari pasien 01 dan keluarga.

"Yang terakhir kami melakukan disinfeksi secara berkala di sekitar kawasan physical distancing," ujarnya.

Nur Arifin juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan tidak panik, serta mau memberikan dukungan dan doa kepada pasien 01 Trenggalek agar bisa segera dinyatakan negatif dan sembuh.

Bupati juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker saat keluar rumah dan melanjutkan menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

Nur Arifin atau Mas Ipin mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menghadapi situasi seperti ini dengan bijak, saling berbagi pesan-pesan positif dan bijak menggunakan sosial media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper