Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemeriksaan Mahasiswa Probolinggo Studi di China Negatif Corona

Sebanyak 10 mahasiswa asal Kabupaten Probolinggo yang baru pulang dari Tiongkok dipastikan tidak terjangkit virus corona.
Petugas mengoperasikan alat deteksi suhu tubuh, Thermal Scanner, di Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali, Kamis (23/1/2020)./JIBI-Muhammad Ferri Setiawan
Petugas mengoperasikan alat deteksi suhu tubuh, Thermal Scanner, di Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali, Kamis (23/1/2020)./JIBI-Muhammad Ferri Setiawan

Bisnis.com, PROBOLINGGO - Sebanyak 10 mahasiswa asal Kabupaten Probolinggo yang baru pulang dari Tiongkok dipastikan tidak terjangkit virus corona setelah menjalani observasi selama tiga hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Pihak rumah sakit memastikan para mahasiswa itu dalam keadaan sehat dan tidak terindikasi terjangkit Novel Corona Virus (n-CoV)," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto saat menggelar jumpa pers di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Senin (3/2/2020).

Menurutnya mahasiswa Probolinggo yang baru datang dari Tiongkok itu langsung dilakukan pengamatan dan pemantauan pertama di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, namun sebelumnya mereka telah menjalani sejumlah screening mulai sebelum ke luar dari China hingga tiba di Indonesia.

"Saat ini sudah ada 16 mahasiswa yang tiba di Kabupaten Probolinggo. Dari sini, ada 10 mahasiswa yang sudah diobservasi selama 2 hingga 3 hari dan selanjutnya mereka kembali ke rumahnya masing-masing karena dinyatakan sehat," tuturnya.

Ia mengatakan progres dari pemerintah daerah, mahasiswa yang sudah kembali ke keluarganya masing-masing tetap akan dimonitor oleh pihak Puskesmas. Apabila kemudian hari ada sesuatu, maka pihaknya akan mengembalikan ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Para mahasiswa asal Probolinggo yang studi di Tiongkok bukan berada di Wuhan, tetapi kota lain yang jaraknya hampir mencapai 900 kilometer dari Wuhan, namun para mahasiswa tetap menjalani sejumlah pemeriksaan yang sangat ketat dan tidak diizinkan keluar rumah.

"Setelah keluar dari Tiongkok, mereka juga menjalani pemeriksaan. Mereka memenuhi prosedur keimigrasian dan kesehatan pelabuhan, mereka mendapatkan kartu kuning kesehatan. Alhamdulillah semuanya sehat," katanya.

Sementara Direktur RSUD Waluyo Jati Kraksaan dr Mansur menyebutkan para mahasiswa tersebut ditanya terkait tanda-tanda gejala terjangkit virus corona seperti demam, batuk dan sesak.

"Disamping itu juga pemeriksaan fisik berupa tekanan darah, denyut nadi dan pernapasan, serta suhu tidak boleh lebih dari 38 derajat celcius, selanjutnya ditindaklanjuti dengan foto rontgen, namun hasil pemeriksaan seluruh mahasiswa tidak ada tanda-tanda dari virus corona tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan mahasiswa tersebut adalah orang dalam pemantauan dan sehat karena mereka hanya diobservasi dan tidak ada pantangan apapun baik makanan dan minuman, namun hanya saja mereka harus membatasi aktivitasnya dan disarankan selalu memakai masker sampai masa batas inkubasi hingga 14 hari.

"Sesampainya di rumah, mereka juga tetap harus memakai masker dan membatasi komunikasi dengan keluarga dan masyarakat. Hal itu dilakukan agar tetap sehat karena orang yang sehat tidak akan terserang virus dan kuman," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper