Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahapan Pembangunan Tol Probolinggo-Lumajang Mulai Bergulir

Tol Probolinggo-Lumajang sebagai program prioritas nasional, anggaran yang akan digelontorkan pemerintah pusat untuk jalan tol senilai Rp4,7 triliun.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Januari 2020  |  13:25 WIB
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kiri), didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung (dari kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di sela-sela peresmian beroperasinya jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019). - Setkab
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kiri), didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung (dari kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di sela-sela peresmian beroperasinya jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019). - Setkab

Bisnis.com, LUMAJANG — Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan perencanaan pembangunan jalan bebas hambatan Probolinggo-Lumajang dimulai tahun 2020 dan pengerjaan proyek jalan tol tersebut akan dimulai 2021.

"Tahun ini sudah akan dimulai perancangan pembangunannya dan akan dibahas rencana pengambilan jalur tol lewat mana saja, sehingga semuanya didata dan tahun ini akan dituntaskan," kata Thoriq saat menghadiri puncak HUT Pondok Pesantren Miftahul Ulum melalui siaran pers yang diterima di Lumajang, Senin (27/1/2020).

Ia mengatakan Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani jalan Tol Probolinggo-Lumajang sebagai program prioritas nasional dan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi, disebutkan bahwa anggaran yang akan digelontorkan pemerintah pusat untuk jalan tol senilai Rp4,7 triliun.

"Pembangunan Tol Probolinggo - Lumajang telah sampai tahap perencanaan dan salah satunya pengambilan jalur yang akan segera ditetapkan," tuturnya.

Menurutnya, pembangunan Tol Probolinggo-Lumajang masih akan melalui berbagai tahapan, salah satunya pembebasan tanah yang nantinya akan dinegosiasikan dengan warga setempat yang lahannya dilalui jalur tol.

"Setelah dibebaskan tanahnya, insya Allah pembangunan sudah mulai dikerjakan tahun depan dan harapannya 2023 jalan tol sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Lumajang," ucap politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Selain menuntaskan kemacetan area Kecamatan Ranuyoso dan Klakah, lanjut dia, terbukanya akses jalan tol itu nanti juga akan meningkatkan potensi pembangunan yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Alhamdulilah perkembangan demi perkembangan, pembangunan demi pembangunan di Lumajang terus beranjak, Insya Allah akan terus kami lakukan penyempurnaan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Provinsi Jawa Timur Hadiyono yang hadir dalam puncak HUT Pondok Pesantren Miftahul Ulum di Lumajang mengatakan pembangunan Tol Probolinggo-Lumajang merupakan salah satu program prioritas nasional dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur di Provinsi Jawa Timur.

"Bapak Presiden telah menandatangani Tol Probolinggo-Lumajang sebagai program prioritas nasional dan ini merupakan program untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di Jatim," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jawa timur probolinggo

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top