BI & CIMB Niaga Syariah Sosialisasikan QRIS ke Pengurus Masjid

BI akan memfasilitasi bank maupun vendor penyelenggara jasa sistem pembayaran yang akan melakukan sosialisasi ke pengurus-pengurus masjid dan lainnya.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 07 Oktober 2019  |  19:41 WIB
BI & CIMB Niaga Syariah Sosialisasikan QRIS ke Pengurus Masjid
Kepala Perwakilan Azka Subhan Aminurridho (kiri) pada peluncuran penggunaan QRIS di Masjid Jami Malang, Senin (7/10/2019). - Bisnis/Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang menggandeng Bank CIMB Niaga Syariah mensosialisasikan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kepada pengurus masjid di Malang untuk pembayaran donasi umat.

Kepala Perwakilan Azka Subhan Aminurridho mengatakan BI akan memfasilitasi bank maupun vendor penyelenggara jasa sistem pembayaran yang akan melakukan sosialisasi ke pengurus-pengurus masjid dan lainnya.

“Yang merespons positif CIMB Niaga sehingga kami fasilitasi,” ucapnya di sela-sela peluncuran penggunaan QRIS di Masjid Jami’ Malang, Senin (7/10/2019).

Pemilihan Masjid Agung Jami’ Malang sebagai pilot project QRIS pada rumah ibadah dengan pertimbangan masjid ini sebagai salah satu rumah ibadah utama di Kota Malang dan diharapkan dapat menjadi percontohan bagi lembaga lainnya untuk memanfaatkan QRIS sebagai kanal pembayaran non tunai untuk transaksi sosial, seperti zakati infak, sodaqoh (ZIS) serta donasi lainnya.

Selain memudahkan, penggunaan QRIS untuk pembayaran donasi sosial juga sangat menguntungkan, karena pihak penyelenggara dalam hal ini masjid atau lembaga sosial tidak dikenakan biaya Merchant Discount Rate (MDR) karena termasuk kategori donasi, dengan MDR 0%.

Dalam proses implementasi program ini, kata dia, KPw BI Malang memfasilitasi pengurus Masjid Agung Jami’Malang dalam pengajuan QRIS MPM (Merchant Presented Mode) kepada Bank CIMB Niaga Syariah, yang merupakan salah satu bank Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran di kota Malang.

Pada kesempatan ini KPw BI Malang bersama CIMB Niaga Syariah juga melakukan sosialisasi QRIS dan tata cara pengajuan QRIS kepada pengurus 20 masjid di Kota Malang.

Hal ini ditujukan agar ke depan masjid -masjid maupun lembaga sosial lainnya di kota Malang juga dapat memanfaatkan QRIS untuk memudahkan masyarakat dalam bersedekah atau memberikan donasi secara non tunai, serta berperan dalam mendorong keuangan inklusif.

Ketua Ta’mir Masjid Jami’ Malang KH Zainuddin A. Muchit mengatakan digunakan QRIS memudahkan jamaah yang berdonasi karena ada alternatif donasi, selain menggunakan kartal.

“Jadi saat jemaah tidak membawa uang tunai, tidak ada terhalang niat baiknya untuk berdonasi, karena bisa menggunakan HP dengan dimanfaatkan QRIS,” ucapnya.

Merchant Business Manager Bank CIMB Niaga Malang Faizal Heyder mengatakan sampai saat ini sudah 5 masjid yang memanfaatkan QRIS. Target sampai akhir tahun, diharapkan ada 500 masjid di Malang. (K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank indonesia, QR code

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup