Diminta Ajukan Usulan, Ini 3 Permintaan Gubernur Khofifah Indar Parawansa

Jatim menyiapkan opsi publik transportasi yang lebih bisa memudahkan konektivitas di antara seluruh wilayah yang masuk Gerbangkertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya dan Lamongan) meskipun agak terlambat.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 10 Juli 2019  |  12:54 WIB
Diminta Ajukan Usulan, Ini 3 Permintaan Gubernur Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. - ANTARA FOTO/Moch Asim

Kabar24.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menggelar Rapat Terbatas Percepatan Pembangunan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Selasa (10/7/2019).

Rapat dengan Provinsi Jawa Timur, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa diberi kesempatan untuk menyampaikan tiga usulan proyek untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Tiga usulan yang disampaikan Khofifah, dikutip dari Sekretariat Kabinet yakni transportasi publik untuk konektivitas antardaerah, percepatan pembangunan Wilayah Bromo, Tengger, dan Semeru (BTS), dan masalah pelayaran (the cruise) di wilayah Probolinggo.

Khofifah menjelaskan, pihaknya menyiapkan opsi publik transportasi yang lebih bisa memudahkan konektivitas di antara seluruh wilayah yang masuk Gerbangkertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya dan Lamongan) meskipun agak terlambat.

“Sekarang baru akan dibangun Surabaya Eastern Ring Road [SERR]. Kita berharap bahwa selain SERR itu bisa dibangun maka koneksitas di antara satu kabupaten/kota dilingkungan ring 1 industri Jawa Timur itu akan disiapkan tambahan publik transportasi, termasuk di dalamnya adalah LRT [Light Rail Transit]. Kemudian kita juga ingin menambahkan intesitas kereta komuter,” katanya dikutip Rabu (10/7/2019).

 “Kemudian di jalur-jalur industrial estate kita juga ingin memberikan kemudahan dan pasti itu akan memurahkan pengangkutan barang dan jasa disekitar Gerbangkertasusila,” kata Khofifah.

Yang kedua, lanjut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, adalah BTS, wilayah Bromo, Tengger, Semeru, yang dulu sudah masuk dalam program startegis nasional (PSN). Dia berharap akan ada percepatan pembangunan di wilayah BTS.

Gubernur Jatim meyakini, kalau sudah disiapkan opsi-opsi tambahan yang bisa memudahkan akses bagi wisatawan untuk bisa ke Bromo  sekaligus ke Tengger, maka wilayah ini akan menjadi destinasi yang akan menggairahkan pariwisata di Jawa Timur.

Kemudian The Cruise, menurut Gubernur Jatim, Pemerintah Provinsi ingin Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo itu juga akan dibantu oleh Pelindo III yang punya pelabuhan kecil di sekitar itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jatim, khofifah, percepatan, gubernur jatim

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top