Pendidikan Biologi UMM Sabet Gelar Prodi Terbaik di Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dinilai sebagai Prodi Pendidikan Biologi terbaik di Indonesia.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 04 Juni 2019  |  19:31 WIB
Pendidikan Biologi UMM Sabet Gelar Prodi Terbaik di Indonesia
/biomolresearchcentre.com

Bisnis.com, MALANG - Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dinilai sebagai Prodi Pendidikan Biologi terbaik di Indonesia.

UMM berhasil mengalahkan 143 prodi yang sama di Tanah Air, baik PTN maupun PTS, berdasarkan indikator publikasi ilmiah yang terdaftar di portal SINTA (Science and Technology Index) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Dekan FKIP UMM Poncojari Wahyono mengatakan SINTA merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi kinerja peneliti, penulis, kinerja jurnal, dan kinerja institusi iptek.

SINTA dibuat untuk mewadahi hasil penelitian yang sudah dipublikasikan secara online sehingga orang yang dapat berkontribusi di Portal SINTA adalah para peneliti dan dosen.

Score yang diperoleh UMM adalah 91 (5 year score) dan 365 (all year score). Score ini memiliki selisih yang cukup jauh dengan score yang diperoleh beberapa PTN, misalnya UM (59/191), UNM (57/193), UNESA (43/122), dan UPI (21/203).

Peringkat di “5 Year Score” adalah berdasarkan skor 5 tahun terakhir, publikasi dihitung sejak 2015 sampai publikasi (sekitar) akhir Mei 2019.
Sedangkan untuk “All Year Score” dihitung seluruh tahun publikasi.

Skor lima tahun terakhir ini dipakai untuk pemberian beragam kategori Penghargaan Sinta. Adanya skor ini, diharapkan perguruan tinggi, dosen/peneliti, dan pihak lainnya akan dapat lebih terpacu setelah melihat produktivitas dalam tiga tahun terakhir.

Poncojari menegaskan Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM terus melakukan inovasi-inovasi dalam hal publikasi. Semua dosen secara bersama-sama giat melakukan penelitian berkualitas, lalu mempublikasikan artikel ilmiah mereka di jurnal bereputasi internasional. Bahkan, budaya itu pun menular kepada mahasiswa.

Mahasiswa semester akhir secara otomotis memformat skripsi mereka menjadi artikel ilmiah yang akan dipresentasikan di berbagai seminar nasional dan internasional, juga minimal di jurnal-jurnal terakreditasi.

Secara khusus di Prodi ini telah memperoleh rekognisi internasional berupa sertifikasi dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), yang merupakan prodi Pendidikan Biologi pertama di Indonesia.

Prodi ini juga memperoleh Akreditasi A (2011-2021), Laboratorium Biologi Terakreditasi KAN dan ISO-17025, memiliki Jurnal terakreditasi Sinta 2 dan terindeks internasional (JPBI), dan program-program kerjasama internasional

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perguruan tinggi

Editor : Tegar Arief

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top