Telkomsel Gelar Festival Langit Musik, Tawarkan Iklim Baru

Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 21 Maret 2019  |  19:47 WIB
Telkomsel Gelar Festival Langit Musik, Tawarkan Iklim Baru
(Kiri ke kanan) Manager Digital Regional Expansion Jatim Telkomsel Herbintarto, GM Marketing and Sales Management Area Jawa Bali Kuntum Wahyudi, Manager Digital Music Business Development Agung Priyanto Dwi Nugroho, dan Partnership Melon Indonesia Jefry Feriyanto saat konferensi pers Festival dan Workshop Langit Musik Telkomsel di Surabaya, Kamis (21/3/2019). - Bisnis/Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) area Jawa Bali gencar mengajak para musisi untuk bergabung di aplikasi Langit Musik, terutama musisi daerah guna menggenjot revenue dari bisnis musik.

General Manager Marketing and Sales Management Area Jawa Bali Telkomsel Kuntum Wahyudi menjelaskan potensi industri kreatif di bidang musik saat ini semakin berkembang dan bisa dimanfaatkan ke dunia bisnis.

"Potensi industri ini harus kita garap, bukan sekadar untuk bisnis tapi juga platform Langit Musik bisa menjadi wadah bagi semua karya musisi Indonesia," katanya saat konferensi pers Festival Langit Musik, Kamis (21/3/2019).

Dia mengungkapkan revenue Telkomsel Jawa Bali dari bisnis musik saat ini mencapai Rp14 miliar per bulan, atau telah berkontribusi sekitar 30% dari total pendapatan bisnis digital lainnya.

Manager Digital Music Business Development Telkomsel, Agung Priyanto Dwi Nugroho menambahkan, hingga saat ini komposisi lagu dari musisi daerah yang telah bergabung di platform memang masih kecil, dan kebanyakan adalah musisi nasional dan asing.

"Makanya dalam kegiatan festival kali ini kita mau gencarkan untuk musisi daerahnya agar ikut terangkat," ujarnya.

Telkomsel mencatat jumlah lagu yang ada di dalam platform Langit Musik sudah mencapai 6 juta, sebanyak 65% di antarany merupakan musik internasional, 35% merupakan lagu Indonesia dan lagu lokal daerah masih di bawah 10%.

Agung menjelaskan, musisi lokal saat ini memang masih menghadapi kendala untuk berkembang karena belum tau bagaimana cara memasarkan lagunya dengan tepat.

"Diharapkan dengan adanya aplikasi Langit Musik ini, musisi daerah bisa mempromosikan karyanya dan namanya supaya dikenal masyarakat luas," ujarnya.

Agung berharap festival Langit Musik maupun munculnya musisi daerah tersebut juga dapat mengerek jumlah user aktif setidaknya menjadi 1,2 juta user, meningkat dibandingkan posisi saat ini yang masih sekitar 300.000 user.

"Sedangkan jumlah pengunduh platform Langit Musik ini sudah mencapai 4 jutaan," imbuhnya.

Adapun kegiatan Festival Langit Musik yang digelar di 100 kota di Indonesia ini menghadirkan workshop dengan membahas cara mengupload lagu di aplikasi hingga penjelasan terkait sharing profit. Kegiatan di Surabaya digelar, Kamis hari ini di Grapari Jl. Pemuda, Surabaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkomsel

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup