Genjot Kartu Kredit, BCA Surabaya Optimalkan Segmen Milenial

PT Bank Central Asia (BCA) wilayah Surabaya tahun ini memproyeksikan nasabah kartu kredit bisa tumbuh minimal 20% dengan mengoptimalkan potensi pasar di segmen milenial dan family.
Peni Widarti | 12 Maret 2019 20:30 WIB
Vice President Surabaya Consumer Card Functional Branch BCA, Tommy Kurniawan Purnomo (paling kanan) dan Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jatim Tjahjono Haryono (kedua kanan) saat konferensi pers Oriental Circus Indonesia di Surabaya, Selasa (12/3 - 2019).

Bisnis.com, SURABAYA - PT Bank Central Asia (BCA) wilayah Surabaya tahun ini memproyeksikan nasabah kartu kredit bisa tumbuh minimal 20% dengan mengoptimalkan potensi pasar di segmen milenial dan family.

Vice President Surabaya Consumer Card Functional Branch BCA, Tommy Kurniawan  Purnomo mengatakan market milenial saat ini semakin besar sejalan dengan peningkatan upah minimum pekerja setiap tahunnya.

"Kaum milenial ini tidak bisa dikesampingkan karena juga bagian dari market family yang potensinya besar juga," katanya di sela-sela konferensi pers The Greatest Show Surabaya, Selasa (12/3/2019).

Dia mengatakan untuk menggaet pasar milenial dan family, BCA menggandeng banyak merchandise seperti cafe dan restoran serta wisata dan hiburan, juga agen travel.

"Seperti kali ini kami kerja sama dengan Oriental Circus Indonesia yang pasti melibatkan segmen family yang saat ini komposisi nasabah kami 60% nya adalah milenial dengan kira-kira kelahiran 1980 - 1999," jelasnya.

Dia mengungkapkan, besarnya segmen family milenial ini juga terlihat dari kegiatan travel fair yang digelar BCA pada waktu lalu. 

"Setiap transaksi kartu kredit terlihat pembelian paket liburan dilakukan untuk 3 - 4 orang sekaligus," imbuhnya.

Tommy menambahkan, saat ini penggunaan kartu kredit BCA memang lebih banyak didominasi oleh kegiatan leasure atau wisata sekitar 30%. Kondisi ini pun sudah bergeser dari yang sebelumnya didominasi oleh pembelian barang-barang elektronik dan IT.

"Sekarang customer behaviour nya lebih banyak ke wisata, dulu mungkin spending barang-barang seperti kebutuhan. Makanya kami sekarang agresif masuk ke market yang ada leisurenya dan entertainmentnya," imbuhnya.

Tommy menambahkan, saat ini BCA juga sudah memiliki produk baru kartu kredit SQ Infinite guna menggenjot segmen leisure, dan diharapkan pengguna kartu kredit aktif bisa mencapai 80%.

Tag : bca, kartu kredit
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top