Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KM Sabuk Nusantara 92 Gantikan Kapal Perintis Pelni

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mulai mengganti 46 kapal perintis untuk program tol laut dengan kapal baru bernama Sabuk Nusantara 92.
KM Sabuk Nusantara 55./Antara
KM Sabuk Nusantara 55./Antara

Bisnis.com, SURABAYA — PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mulai mengganti 46 kapal perintis untuk program tol laut dengan kapal baru bernama Sabuk Nusantara 92.

Direktur Utama Pelni, Insan Purwarisya L. Tobing mengatakan kapal Sabuk Nusantara 92 ini merupakan kapal pengganti dari kapal yang sudah dioperasikan.

"Penggantian kapal baru akan dilakukan secara bertahap lalu kapal yang lama akan ditarik," katanya ditemui seusai Seminar Nasional Tol Laut, Senin (4/2/2019).

Dia mengatakan kapal baru Sabuk Nusantara 92 ini nantinya akan melayari kawasan Surabaya, Bawean dan sekitarnya serta jalur-jalur perintis. Selain itu, lanjutnya, kapal perintis ini juga akan digunakan sebagai kapal feeder untuk kapal-kapal barang.

"Jadi kalau masyarakat punya barang nanti dikirim dengan kapal perintis lalu barang dikumpulkan di Surabaya dan dijadikan satu untuk dikirim ke Indonesia timur. Sampai di timur kita hubungkan dengan pelayaran rakyat," ujarnya.

Menurut Insan, dengan kapal yang relatif baru ini nantinya akan membantu masyarakat yang butuh transportasi karena kapalnya didesain untuk bisa menampung penumpang dan barang.

Insan mengungkapkan, hingga saat ini tingkat loadfactor kapal dari program tol laut telah mencapai lebih dari 70%.

"Ini terjadi karena Pelni berusaha bekerja sama dengan pemda setempat untuk mengkoordinir barang atau komoditas daerah yang bisa dikirim ke wilayah lain.

Adapun saat ini Pelni memiliki total armada kapal besar sebanyak 26 unit, kapal perintis 46 unit, kapal barang 8 unit, kapal ternak 1 unit dan kapal Rede sebanyak 10 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper