PDAM Kota Malang Lakukan Efisiensi Berbagai Aspek

PDAM Kota Malang dapat merealisaikan efisiensi di berbagai aspek lewat pengoperasian Total Water Utility Integrated Network Command Center (TCC).
Pjs Dirut PDAM Kota Malang Anita Sari (kiri) mengamati produk peralatan operasional sistem pasokan air pada pembukaan PDAM Digital Transformation Summit 2018 di Malang, Selasa (11/12/2018)/Bisnis-Choirul Anam
Pjs Dirut PDAM Kota Malang Anita Sari (kiri) mengamati produk peralatan operasional sistem pasokan air pada pembukaan PDAM Digital Transformation Summit 2018 di Malang, Selasa (11/12/2018)/Bisnis-Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG—PDAM Kota Malang dapat merealisaikan efisiensi di berbagai aspek lewat pengoperasian Total Water Utility Integrated Network Command Center (TCC).

Pjs Dirut PDAM Kota Malang Anita Sari mengatakan dengan pemanfaatan TCC kinerja perusahaan daerah tersebut selain efisien juga cepat. Semua operasional sistem penyediaan air minum (SPAM) terpantau dan ditangani lebih cepat.

“TCC merupakan pusat komando pengendalian, kontrol, dan monitoring proses transmisi dan distribusi air,” katanya di sela-sela PDAM Digital Transformation Summit 2018 di Malang, Selasa (11/12/2018).

Dengan digunakan TCC, selain menguntungkan PDAM karena menjadi efisien,  pelanggan juga otomatis diuntungkan. Seperti saat menyampaikan laporan, maka segera dapat diketahui, termasuk proses penanganannya dan penanggung jawabnya.

Begitu saat masyarakat mengajukan permohonan pemasangan sambungan air, juga dapat direspon dengan standar. “Minimal dua hari sudah terpasang” ujarnya.

Dengan penggunaan TCC, maka jumlah karyawan PDAM bisa ditekan serampuing mungkin. Saat ini, jumlah karyawan PDAM hanya mencapai 351 orang, turun bila dibandingkan 2016 yang mencapai 391 orang.

Padahal, dari sisi pelanggan jumlahnya terus bertambah. Sampai saat ini, pelanggan PDAM sudah menembus 160.000 satuan samubungan rumah (SR) yang berarti angka cakupan layanannya mencapai 96%, meningkat bila dibandingkan 2016 yang mencapai 140.000 SR dengan cakupan 88%.

Begitu juga dengan keuntungan. “Tahun ini, keuntungan kami dua kali lipat lebih besar daripada 2016, tapi belum bisa disebut karena tahun anggaran masih berjalan,” ucapnya.

Terkait dengan kesiapan SDM PDAM Kota Malang dengan telah diintegrasikan sistem informasi dalam pengelolaan SPAM, dia yakinkan, jumlah karyawan perusahaan yang sebanyak 391 orang itu telah memenuhi kriteria sebagai karyawan yang kompeten.

Hal itu terjadi karena pembinaan dan rekrutmen karyawan dilakukan sejak lama, terutama sejak 2010. Rekrutmen betul-betul dilakukan secara selektif dengan memilih SDM yang betul-betul kompeten,

Dengan begitu, mereka mampu mengikuti irama perusahaan yang telah mengintegrasikan sistem informasi dalam pengelolaan SPAM .

Terkait dengan kegiatan PDAM Digital Transformation Summit 2018, kata dia, kegiatan tersebut semacam memberikan semangat dan membangun kepercayaan diri karyawan PDAM bahwa mereka sebenarnya telah bertransformasi jauh ke depan.

Selain kegiatan Expo Equipment Operational of Water Supply System, dan Malang’s Food Court & Souvenirs with One Stop Shopping Solution, juga 10 seminar tentang Water Supply System, 5 coaching clinic untuk mengidentifikasi masalah di perusahaan dan menemukan solusinya

Sebanyak 5 klinik yang diselenggarakan, yakni efisiensi energi, non revenue water, internet of thing, geographic information system, dan supervisory control and data acquisition (SCADA).

Sedangkan tema seminar, yakni resourceful, world for smarter city, pemanfaatan GIS untuk water supply, perkembangan teknologi dalam procurement 4.0, reducing operational cost through digital automation and energy efficiency management, modernized data center, water technology, efisiensi energi, customer relationship, sharing knowledge best practice PDAM Kota Malang, dan non revenue water.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper