Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aston Inti Makmur Akuisisi Lahan Rp2,18 Triliun Pacu Produksi Migor

Grup Indofood, PT Aston Inti Makmur (AIM) melakukan pembelian lahan senilai Rp2,18 triliun untuk memenuhi fasilitas produksi minyak goreng PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP).

Bisnis.com, JAKARTA—Grup Indofood, PT Aston Inti Makmur (AIM) melakukan pembelian lahan senilai Rp2,18 triliun untuk memenuhi fasilitas produksi minyak goreng PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP).

Pembelian lahan senilai Rp2,18 triliun itu terbagi dalam dua perjanjian. Perjanjian pertama, Anthoni Salim setuju untuk menjual lahan seluas 23.380 m2, dengan harga Rp51 juta per m2 dan AIM setuju membeli dengan nilai Rp1,19 triliun.

Dalam perjanjian kedua, PT Adithya Suramitra (ADS) menjual lahan seluas 19.497 m2 kepada AIM dengan harga Rp51 juta/ m2 atau setara Rp994,34 miliar. Total lahan yang diborong oleh AIM mencapai 42.877 m2 senilai Rp2,18 triliun.

"Tanah yang dibeli, saat ini digunakan oleh SIMP, anggota Grup Indofood untuk fasilitas produksi minyak goreng, sesuai dengan perjanjian lisensi dengan Anthoni Salim dan perjanjian sewa dengan ADS," seperti yang dikutip pada laman First Pacific pekan silam.

Keterbatasan lahan yang dimiliki Grup Indofood, membuat perusahaan Salim ini menerima tawaran pembelian lahan. Adapun akuisisi ini bertujuan untuk memperlancar kelangsungan operasi produksi minyak goreng.

Sumber dana akuisisi lahan ini berasal dari sumber daya internal dan pinjaman bank. Sebagai informasi, saham AIM sebanyak 50% dimiliki oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk., serta 25% lain dimiliki masing-masing oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk. (LSIP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper