Jelang Lebaran, Pemkot Surabaya Siagakan Aplikasi e-Piket

Oleh: Peni Widarti 08 Juni 2018 | 06:44 WIB
Jelang Lebaran, Pemkot Surabaya Siagakan Aplikasi e-Piket
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengikuti senam Maumere bersama, di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/8)./ANTARA-Didik Suhartono

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan aplikasi e-piket yang dikelolah oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk memastikan keamanan kantor-kantor pemerintah saat malam Lebaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya Eddy Christijanto mengatakan menjelang libur Hari Raya Raya Idulfitri 2018, pemkot menyiapkan beberapa langkah dalam menjaga suasana Kota Surabaya agar tetap kondusif dan aman.

"Yang pertama kami telah meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengamankan kantornya terlebih dahulu. Kita punya aplikasi E-piket untuk memastikan bahwa di kantor itu aman,” katanya dalam rilis, Kamis (7/6/2018).

Kedua, lanjut Eddy, semua kendaraan dinas, kecuali kendaraan operasional semua akan ditempatkan (parkir) di Taman Surya, Jimerto dan Siola.

“Hingga 20 Juni tidak boleh ada satu kendaraan dinas pun yang digunakan, apalagi dibuat untuk mudik lebaran,” katanya.

Dia menambahkan pemkot juga telah memberikan imbauan kepada warganya dengan mengeluarkan surat edaran kepada 31 kecamatan dan lurah-lurah untuk mengajak bersama-sama menjaga suasana kondusifitas Kota Surabaya.

"Persiapan jelang libur lebaran kita juga akan laksanakan apel kesiapan dari berbagai jajaran dari pemkot, kepolisian, maupun TNI," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi keamanan, Kota Surabaya juga meniadakan takbir keliling. Takbir hanya boleh dilakukan di sekitar masjid.

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya