Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menko PMK Minta Praktik Kekerasan dan Perplocoan Dihilangkan

Kehidupan di masyarakat saat ini semakin kompleks dan penuh tantangan. Hal ini membuat pendidikan tinggi memiliki peran krusial.
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Prof Muhadjir Effendy, dalam Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) UMM secara daring, Rabu (11/9/2024)./Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Prof Muhadjir Effendy, dalam Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) UMM secara daring, Rabu (11/9/2024)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Prof Muhadjir Effendy, meminta praktik kekerasan dan perploncoan dihilangkan di dunia pendidikan, terutama perguruan tinggi.

"Para mahasiswa senior Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) harus mampu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan mahasiswa baru, tanpa praktik kekerasan atau perploncoan," katanya dalam Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) UMM secara daring, Rabu (11/9/2024).

Dia mengingatkan pula, kehidupan di masyarakat saat ini semakin kompleks dan penuh tantangan. Hal ini membuat pendidikan tinggi memiliki peran krusial dalam membentuk individu yang tangguh. 

Menurutnya, UMM menjadi tempat ideal bagi mahasiswa untuk menempa diri, tidak hanya dalam aspek akademik, tetapi juga spiritual dan sosial. 

Selama ini, UMM menanamkan nilai bahwa orang yang bermanfaat adalah mereka yang mampu membawa kebaikan di mana pun mereka berada.

"Mahasiswa UMM didorong untuk menjadi individu yang diperhitungkan, baik di tingkat lokal maupun internasional. Hal ini didukung dengan program-program unggulan di UMM, seperti Center of Excellence (CoE) yang berfokus pada pengembangan keterampilan kreatif dan inovatif. Selain itu ada beragam pilihan program pengembangan lain di bidang akademik maupun non-akademik yang bisa saudara geluti," ungkap Muhadjir yang juga Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMM itu.

Dia juga berpesan kepada seluruh mahasiswa senior untuk mampu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan mahasiswa baru, tanpa praktik kekerasan atau perploncoan.

Menurutnya, senior harus menjadi contoh yang baik bagi para juniornya yang masih baru bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Jas Merah Kampus Putih.

"Peran senior di lingkungan kampus juga sangat penting. Senior diharapkan tidak hanya menjadi pembimbing, tetapi juga memberikan teladan bagi adik-adik kelas. Dengan dukungan dari senior yang bijak, saya harap juga semakin mempercepat mahasiswa UMM berkembang menjadi generasi yang mampu menghadapi tantangan global dengan baik," pesannya. 

Rektor UMM, Prof. Nazaruddin Malik, menegaskan bahwa perguruan tinggi swasta milik Muhammadiyah tersebut  selalu menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi individu tangguh dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan keagamaan. 

Melalui Center of Excellence (CoE), UMM menekankan pentingnya pendidikan yang mampu melahirkan sumber daya manusia unggul, dengan keterampilan inovatif dan kreatif. 

CoE ini dirancang sebagai pusat keunggulan yang mengombinasikan pengetahuan dasar (knowledge base) dengan keterampilan khusus sesuai minat dan bakat mahasiswa. Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan yang solutif dalam menghadapi tantangan di masyarakat.

"Program CoE di UMM bersifat lintas bidang, sehingga mahasiswa dapat memilih program yang tidak terbatas pada jurusan yang ditempuh. Hal ini menunjukkan komitmen UMM dalam mengakomodasi pengembangan individu mahasiswa melalui pendekatan multidisiplin berbasis minat dan passion, yang diimplementasikan melalui praktik nyata," tegas Nazar, sapaannya.

Dia juga mengungkapkan, tahun ini UMM juga akan memperkenalkan pendidikan dasar digital kepada seluruh mahasiswa serta program SDGs yang berfokus pada pendidikan iklim dan tanggung jawab terhadap bumi. Selain itu, mahasiswa UMM akan diberikan pembelajaran bahasa Indonesia, Inggris, Arab, dan satu bahasa pilihan sesuai minat, sebagai bekal komunikasi menghadapi masa depan yang semakin dinamis. (K24)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper