Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Buka Kesempatan Bisnis Baru di Area SPBU

Bentuk bisnis baru bisa berupa toko ritel, cafe, bengkel, dan beragam bentuk bisnis lain.
Suasana booth Non Fuel Retail Pertamina dalam acara IFBC Expo 2024 di Surabaya, Jumat (6/9/2024)./Dok. PT Pertamina Patra Niaga.
Suasana booth Non Fuel Retail Pertamina dalam acara IFBC Expo 2024 di Surabaya, Jumat (6/9/2024)./Dok. PT Pertamina Patra Niaga.

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pertamina Patra Niaga mengajak para pengusaha untuk memanfaatkan peluang bisnis yang menjanjikan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina. Peluang bisnis yang dimaksud masuk kategori non fuel retail (NFR), bentuknya bisa toko ritel, cafe, bengkel, dan beragam bentuk bisnis lain.

VP Retail Fuel Sales Susanto menjelaskan bahwa NFR menjadi salah satu fokus utama perusahaan dalam memperluas jaringan bisnisnya.

"Di Pertamina bisnis NFR ini baru menyumbang 6% dari total bisnisnya SPBU dengan dominasi di fuel (BBM), kami melihat potensi besar dalam bisnis NFR dan ingin menawarkan peluang ini kepada para pengusaha di seluruh Indonesia," jelasnya dalam rilis, Sabtu (7/9/2024).

Peluang bisnis NFR dihadirkan dalam Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2024 pada 6-7 September di ICBC Basuki Rahmat Surabaya. Dalam ajang ini Pertamina selain membuka konsultasi Bisnis calon mitra non-BBM di SPBU. Diperkenalkan pula Bright Store, Bright Café.

Eko Ricky mengatakan banyak pelaku bisnis yang ingin bergabung dengan Pertamina, namun bingung bagaimana caranya. Oleh karenanya dalam tenant days ini, pelaku bisnis bisa menjajaki potensi bergabung melalui bisnis NFR.

"Pertamina memiliki hampir sekitar 6.500–an SPBU di luar Pertashop dan lembaga penyalur lain, ini masih banyak potensi–potensi yang bisa kita kembangkan dalam konteks pengembangan tenant atau outlet–outlet di SPBU," jelasnya.

Menurutnya hingga saat ini, Pertamina telah bekerja sama dengan lebih dari 1.500 mitra/brand yang tersebar di lebih dari 20.000 outlet NFR di SPBU Pertamina di seluruh Indonesia.

Kania Hapsari Manager Non Fuel Retail Pertamina Patra Niaga menjelaskan salah satu solusi bisnis yang ditawarkan perseroan terutama perihal lokasi. SPBU banyak sekali kelebihan-kelebihannya, antara lain lalu lintas orang masuk ke SPBU tinggi dan biasanya sekaligus beli sesuatu untuk perjalanan.

"Ada sekitar 100 brands yang sudah kerja sama dengan kita, di antaranya Tomoro Coffe, Kopi Kenangan, Chatime dan banyak F&B selain itu ada kerja sama dengan AutoGlaze dan bengkel yang jumlah nya juga cukup banyak," jelas Kania.

Odi, 30, pemilk usaha di SPBU asal Gresik, salah satu pengunjung IFBC yang mampir berkonsultasi ke booth Pertamina Patra Niaga menyampaikan kesan dan ketertarikannya terhadap bisnis Bright Cafe yang ditawarkan Pertamina dan berniat untuk membuka bisnis tersebut di Kota Gresik dan berharap bisnis ini dapat terus bersaing ke depannya.

Verdi dan Rudi pengunjung booth Pertamina Patra Niaga yang juga pemilik usaha di SPBU Surabaya mengaku tertarik untuk mengembangkan bisnisnya di bidang charging station dan bisnis Non Fuel Retail lainnya di SPBU Pertamina. "Kami tertarik dan ingin mengembangkan bisnis di bidang charging station untuk kendaraan listrik dan PLTS," ujar Verdi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper