Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada Kota Batu 2024 Diikuti Tiga Pasangan Calon

Krisdayanti-Kresna Dewanata didukung PDI Perjuangan, NasDem, dan partai koalisi non parlemen.
Petugas melintas di dekat kotak suara Pemilu 2024./Bisnis-Himawan L Nugraha.
Petugas melintas di dekat kotak suara Pemilu 2024./Bisnis-Himawan L Nugraha.

Bisnis.com, KOTA BATU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Jawa Timur Heru Joko Purwanto menyatakan pelaksanaan tes kesehatan bagi pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota setempat dimulai pada H+1 pendaftaran atau Jumat (30/8) hingga Senin (2/9).

"Kami sudah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, kemudian pada H+1 sudah bisa melakukan tes kesehatan," kata Heru di kantor KPU Kota Batu, Rabu.

Pelaksanaan tes kesehatan bagi pasangan bakal calon wakil kota dan wakil wali kota dilakukan di Rumah Sakit Karsa Husada, Jalan Ahmad Yani, Kota Batu, yang pelaksanaan tesnya dibagi menjadi dua kategori, yakni fisik dan rohani.

KPU Kota Batu memberikan keleluasaan bagi para pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk memilih tanggal pelaksanaan tes kesehatan, asalkan tidak melebihi tanggal 2 September 2024.

Langkah tersebut dilakukan mengingat masing-masing pasangan bakal calon juga memiliki aktivitas lain, sehingga diberikan keleluasaan untuk memilih jadwal tes kesehatan.

"Kami memberikan keleluasaan karena ada yang masih melakukan kegiatan yang lain, jadi bisa tanggal 1 sampai 2 September atau di tanggal 30 dan 31 Agustus," ucapnya.

KPU Kota Batu per hari ini telah menerima dokumen pendaftaran dari tiga pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota, yakni Firhando Gumelar-Rudi, Krisdayanti-Kresna Dewanata Phrosak, dan Nurochman-Heli Suyanto.

Krisdayanti-Kresna Dewanata didukung PDI Perjuangan, NasDem, dan partai koalisi non parlemen, yakni PBB, Perindo, Hanura, Ummat, Gelora, PPP, PKN, Partai Garuda, Partai Buruh.

Pelaksanaan pendaftaran kontestan Pilkada 2024 dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga rampung di jam 14.00 WIB. Kini, pihaknya melaksanakan tahapan penelitian dokumen para pasangan calon hingga 21 September 2024.

"Yang sudah terkonfirmasi tiga ini tetapi kami tidak boleh menutup pendaftaran karena siapa tahu ada perubahan dinamika lainnya, makanya kami tetap menerima dokumen sampai besok," kata dia.

Masa pendaftaran Pilkada 2024 dibuka selama tiga hari, yakni Selasa (27/8) hingga Kamis (29/8). KPU juga akan melaksanakan tahapan penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus hingga 21 September 2024.

Sementara itu, tahapan pemungutan suara pada 27 November. Kemudian penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper