Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa UMM Teliti Pelepah Pisang Raja Untuk Pembalut Wanita

Potensi pelepah pisang raja menjadi pembalut wanita diteliti mahasiswa UMM
Pelepah pisang raja yang diteliti untuk pembalut Wanita organik. istimewa
Pelepah pisang raja yang diteliti untuk pembalut Wanita organik. istimewa

Bisnis.com, MALANG—Kelompok mahasiswa dari Program Studi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan penelitian terkait pelepah pisang raja yang dijadikan sebagai bahan serap pembalut wanita organik sekaligus bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya jamur candida albicans

Mereka adalah Alisha Maryam sebagai ketua, Faiza Rahma Maulida, Sevayahe Ayuning Vinosa, Felix Natha Niela Fawwaz, dan Vera Miftakul Rahma Kamali.

Alisha Maryam menjelaskan, pohon pisang dikenal sebagai tanaman serbaguna dengan ribuan manfaat. Mulai dari akar, batang, pelepah, daun, hingga buahnya. Tak heran jika tanaman ini menjadi salah satu sumber penting dalam kehidupan sehari-hari. 

Penelitian mereka dilatarbelakangi oleh data internasional yang menyebutkan bahwa secara global, 70% wanita berusia 25-34 tahun pernah terjangkit penyakit kandidiasis vulvovaginal.

“Meskipun penyakit tersebut sudah memiliki obat, seperti coconazole yang digunakan secara oral dan clotrimazole secara intravagina, namun keduanya memiliki efek samping yang membuat wanita menjadi kurang nyaman,” ujarnya, Senin (19/8/2024).

Menurutnya, keduanya memiliki efek samping seperti mual, muntah, diare, sensasi terbakar, dan iritasi. Dengan menggunakan pelepah pisang raja sebagai bahan serap pembalut organik yang memiliki kandungan flavonoid, diharapkan dapat menghambat pertumbuhan jamur candida albicans yang merupakan penyebab penyakit kandidiasis vulvovaginal.

Alisha menerangkan, pemilihan pelepah pisang raja dibandingkan jenis pisang lainnya karena selain terbukti mampu menghambat pertumbuhan jamur candida albicans, pelepah ini juga memiliki daya serap yang lebih baik dibandingkan dengan pelepah pisang jenis lain. Mereka menggunakan berbagai metode seperti ekstraksi, wheel stator, pembuatan suspensi, dilusi, dan uji scanning electron microscope.

“Daya serapnya cukup banyak yakni 16,98 gram yang nilainya tidak jauh berbeda dengan bahan serap kapas pembalut pada umumnya. Namun dengan melihat nilai manfaatnya yang bisa menghambat pertumbuhan jamur candida albicans. Ini menjadi lebih aman untuk digunakan oleh para wanita,” jelasnya

Dia menyebut berdasarkan hasil penelitian itu dapat memberikan pandangan serta inovasi baru dalam dunia kesehatan wanita. Terlebih lagi bahwa seorang wanita harus lebih memperhatikan diri dalam kebersihan daerah kewanitaan. “Manfaat yang kami harapkan dari penggunaan pembalut organik berbahan dasar serat pelepah pisang raja ini adalah dapat mengurangi prevalensi kandidiasis vulvovaginal, baik di Indonesia maupun secara global,” ujarnya.(K24)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper