Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Monumen Reog Ponorogo Ditargetkan Rampung Desember 2024

Akhir Desember ini targetnya struktur utama gedung MRMP tuntas, termasuk bangunan patung reog yang ada di puncak gedung monumen.
Kesenian Reog Ponorogo./Bisnis-Hendri T Asworo
Kesenian Reog Ponorogo./Bisnis-Hendri T Asworo

Bisnis.com, PONOROGO - Pembangunan struktur bangunan patung Monumen Reog dan Monumen Peradaban (MRMP) di bekas lahan tambang batu gamping di Kecamatan Sampung rampung pada akhir akhir Desember 2024.

"Akhir Desember ini targetnya struktur utama gedung MRMP tuntas, termasuk bangunan patung reog yang ada di puncak gedung monumen," kata Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo, Yesi Daniel Tri Baskiro, di Ponorogo, Selasa (14/8/2024).

Saat ini, lanjut dia, progres atau kemajuan dalam pelaksanaan pembangunan monumen setinggi 126 meter dan menyerap anggaran Rp85 miliar itu sudah dalam tahap akhir pertama.

Dalam tahap pertama ini fokus pengerjaannya adalah pembangunan struktur utama gedung bertingkat dan patung reog Ponorogo.

"Pengecoran lantai dasar dan balok bertingkat untuk gedung sampai patung reog berdiri itu adalah proses pembangunan tahap pertama," katanya.

Ia berharap misinformasi di masyarakat tidak semakin bias. Pasalnya, kata dia, selama ini masih banyak masyarakat Ponorogo yang mengira pembangunan MRMP selesai dalam satu kali tahapan pembangunan.

"Kawasan ini sangat luas dan bangunan yang akan didirikan juga sangat besar. Sekali lagi, proses pembangunan berlangsung secara bertahap. Tahap pertama ya fokus pada pembangunan konstruksi gedung dan patung reognya," katanya.

Kendati begitu, Daniel memaklumi kekeliruan persepsi di masyarakat tersebut. Pasalnya master plan atau gambar tiga dimensi yang saat ini sudah banyak beredar di masyarakat memang memvisualisasikan kawasan wisata MRMP secara keseluruhan.

Terlebih master plan tersebut merupakan hasil sayembara beberapa waktu lalu. "Ya memang dari hasil desainnya memang menampilkan secara keseluruhan, ya tidak masalah. Tapi yang jelas untuk akhir Desember ini yang selesai struktur utama gedung dan patung reog," katanya.

Pembangunan proyek MRMP dimulai pada 1 Maret 2023 yang ditandai dengan pekerjaan bore pile (tiang pancang) yang dipersiapkan sebagai fondasi MRMP. Sementara ground breaking (peletakan batu pertama) dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa pada 11 Maret 2023.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper