Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Hunian Hotel Berbintang di Kota Malang Tembus 64,37%

Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang pada Mei 2024 menembus 64,37%meningkat sebesar 11,31 poin dibandingkan April 2024.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, MALANG—Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang di Kota Malang pada Mei 2024 menembus 64,37%, meningkat sebesar 11,31 poin dibandingkan April 2024.

Kepala BPS Kota Malang Umar Sjaifudin mengatakan untuk TPK hotel nonbintang Mei 2024 sebesar 27,84%, meningkat sebesar 3,98 poin dibandingkan April 2024.

“Rata-rata lama mengingap tamu (RLMT) mencapai 1,44 hari, lebih tinggi dari rerata lama mengingap tamu Jawa Timur yang mencapai 1,34 hari, namun lebih disbanding rerata nasional yang mencapai 1,53 hari,” ujarnya, Senin (1/7/2024).

Ekonom Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Joko Budi Santoso menilai aktivitas pariwisata di Malang Raya meningkat pada Mei seiring dengan hari libur dan long weekend di bulan tersebut. Hal ini ditandai dengan peningkatan yang sangat signifikan pada TPK Kota Malang Mei. 

Di sisi lain, kata dia, aktivitas pemerintahan dan swasta yang memanfaatkan fasilitas MICE juga meningkat.

Berbagai konsolidasi di tingkat pemerintah daerah terkait aktivitas perencanaan pembangunan seperti pembahasan RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 serta sinkronisasi dokumen perencanaan lainnya meningkat pada Mei, sehingga sangat berpengaruh pada peningkatan TPK. 

Menurutnya, TPK hotel juga merepresentasikan bahwa Malang Raya semakin mengokohkan diri sebagai destinasi wisata terkemuka di Indonesia. 

“Semakin atraktifnya destinasi wisata menjadi daya ungkit yang ampuh untuk peningkatan kunjungan wisatawan,” ungkap Joko yang juga Peneliti Senior Pusat Penelitian Kebijakan Ekonomi FEB UB itu.(K24)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper