Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkaian Gerbong Kereta Api Generasi Baru Rampung, Ini Kata Inka

Sebanyak 11 rangkaian kereta tersebut terdiri dari delapan rangkaian kelas eksekutif (K1), dua rangkaian kelas ekonomi (K3), serta satu rangkaian campuran.
Tampilan Kereta New Generation atau generasi baru kelas ekonomi buatan PT INKA (Persero)./Antara-Humas INKA.
Tampilan Kereta New Generation atau generasi baru kelas ekonomi buatan PT INKA (Persero)./Antara-Humas INKA.

Bisnis.com, KOTA MADIUN - PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) telah menyelesaikan dan mengirimkan sebanyak 11 trainset atau rangkaian kereta new generation atau generasi baru yang merupakan pesanan PT KAI (Persero).

"Sebanyak 11 rangkaian kereta tersebut terdiri dari delapan rangkaian kelas eksekutif (K1), dua rangkaian kelas ekonomi (K3), serta satu rangkaian campuran yang terdiri dari empat "car" K1, lima car K3, satu kereta makan, dan satu kereta pembangkit," ujar Senior Manager Humas dan Kantor Perwakilan PT INKA (Persero) Agung Dwi Cahyono dalam keterangannya di Madiun, Jumat (4/5/2024).

Menurutnya terdapat kereta lain yang juga telah dirampungkan oleh PT INKA (Persero) dan telah dikirimkan kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero), yakni tiga car non-trainset, yang terdiri dari satu gerbong kereta makan serta dua gerbong kereta bagasi.

"Sementara itu, rangkaian sebanyak 12 trainset, sedang memasuki proses pengujian dinamis di lintas. Sedangkan untuk trainset selanjutnya masih dalam proses produksi di pabrik PT INKA Madiun," katanya.

Ia menjelaskan produksi rangkaian kereta new generation oleh PT INKA (Persero) tersebut menjadi wujud dedikasi dan kerja keras para anak bangsa dalam memberikan produk kereta terbaik.

"Tentunya PT INKA berdedikasi dan terus memberikan kualitas terbaik untuk transportasi perkeretaapian Indonesia. Kami juga terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait, dalam memastikan kualitas produk melalui tahapan pengujian yang berlaku. Kami berharap kereta new generation ini menjadi wujud perkembangan transportasi perkeretaapian di Indonesia," ucap dia.

Adapun, keunggulan dari gerbong kereta new generation buatan INKA kali ini cukup signifikan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Seperti pada kelas ekonomi yang telah digunakan pada rangkaian KA Majapahit, kapasitas gerbong yang dulunya mencapai 106 kursi dengan formasi 3-2 serta sandaran tegak lurus dan saling berhadapan, kini bertransformasi menjadi 72 kursi tunggal yang ergonomis dengan formasi 2-2 dan tentunya jauh lebih leluasa dan nyaman bagi penumpang ekonomi.

Beberapa fitur yang dapat dinikmati di berbagai kelas lainnya, di antaranya adalah Digital Passenger Information & Display System, "Customer Service On Train" yang ditampilkan dalam bentuk nomor kereta digital, dan nomor kursi digital.

Selain itu, juga terdapat estimated time of arrival (ETA), informasi stasiun tujuan terakhir, stasiun saat ini, dan yang akan dilalui, informasi status pintu terbuka atau tertutup, status isi atau kosong toilet, suhu ruangan, baris tempat duduk, serta nama dan nomor HP petugas.

Selain itu, perbedaan yang dirasa cukup signifikan dengan gerbong kereta versi lama adalah adanya pintu otomatis yang dilengkapi dengan anti-trap. Pintu otomatis di kereta new generation ini meliputi pintu masuk bordes serta pintu masuk ruang penumpang dan penghubung antar kereta.

Kereta new generation dari PT INKA (Persero) juga telah dilengkapi dengan "corrugated bellow" pada sambungan antar kereta.

"Dengan demikian, kebisingan pada kereta dapat diredam lebih baik sehingga perjalanan akan menjadi lebih aman dan nyaman bagi para penumpang kereta," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper